-->

Oerip Soemohardjo



Oerip Soemohardjo adalah pendiri TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang bermarkas di Yogyakarta tahun 1945. TKR dianggap sebagai cikal bakal Tentara Nasional Indonesia. Oerip Soemohardjo lahir pada tanggal 22 Februari 1893 di Purworejo, Jawa Tengah. Beliau pertama kali belajar di sekolah sipil biasa, OSVIA, Di Magelang pada tahun 1910. Kemudian, dia mengambil kursus militer dari tahun 1911 sampai dengan 1914, dan ditempatkan di Kalimantan Selatan dari tahun 1914-1917 sebagai letnan dua.


Pada tahun 1917, dia mengikuti ujian yang menempatkannya sejajar dengan perwira Belanda. Pada 10 tahun kemudian, dia berpindah dari satu kota ke kota lainnya untuk menjalankan tugas militernya sampai Jepang mendarat pada tahun 1942. Selama pendudukan Jepang tahun 1942-1945, ia tinggal dan menetap di Yogyakarta tanpa melakukan aktivitas apapun.

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 menyebabkan para perwira KNIL yang orang Belanda pulang ke Belanda. Hal inilah yang menyebabkan kekosongan di dalam tentara Indonesia, sehingga para mantan perwira yang berasal dari Indonesia kemudian membentuk TKR dengan mendirikan kantor pusat di Yogyakarta.

Setelah melalui suatu masa pertemuan, para komandan TKR memilih para pemimpinnya. Pada tanggal 20 Oktober 1945 Oerip Soemohardjo terpilih sebagai staf TKR, sementara Sudirman terpilih sebagai Kepala Staf TKR. Oerip Soemohardjo wafat karena serangan jantung dan dikuburkan di Taman Makan Pahlawan Yogyakarta.

0 Response to "Oerip Soemohardjo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel