-->

Apa Arti Hari Jumat?

Apa Arti Hari Jumat?





          Hari Jumat merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam. Karena itu, hari Jumat merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh umat Islam. Allah SWT telah menjadikan hari Jumat sebagai hari yang paling istimewa bagi umat Islam. Allah SWT telah mengingatkan kaum Yahudi dan Nasrani untuk memuliakan hari ini. Akan tetapi, mereka tidak melaksanakan perintah Allah SWT tersebut. Kemudian Allah SWT memerintahkan umat ini untuk menghormatinya.


Mengapa disebut Jumat?

          Bentuk kata "Jumat" dapat dibaca dengan cara memberi harakat dhamah pada huruf "mim", seperti: Jumu'at, dapat juga dengan memberi sukun pada huruf "mim", seperti: (Jumat), dan dapat pula dengan memberi harakat fathah pada huruf "mim", seperti: Juma'at. Sama halnya dengan penjelasan Al Farra, Al Wahidi, dan yang lainnya. Mereka melafalkannya dengan cara memberi fathah huruf "mim", yaitu "Juma'at", dengan alasannya bahwa hari ini orang-orang berkumpul dan suasananya sangat ramai, sebagaimana bentuk kata "Humazah dan Lumazah". Pada zaman Jahiliyah, hari Jumat disebut Al Urubah, yaitu hari nasionalisme bangsa Arab.



          Pengertian dari bentuk kata "perbekalan" di atas adalah makanan yang dimakan sewaktu bepergian dan bermukim dalam menempuh dan menjalani suatu aktivitas tertentu. Menurut Ibnu Hajar, pendapat yang paling benar tentang penamaan hari tersebut sebagai hari Jumat adalah karena proses penciptaan Nabi Adam pada hari tersebut. Pendapat ini ditaukidkan dengan pendapat yang diungkapkan oleh Imam Nawawi sebagaimana penjelasan di atas tersebut.


Apa Keistimewaan Hari Jumat?



          Seluruh umat Islam pada hari Jumat melaksanakan shalat Jumat secara berjamaah. Shalat Jumat dilaksanakan pada waktu Zhuhur. Hari Jumat merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Hari Jumat memiliki banyak keistimewaan, berikut ini keistimewaan hari jumat.
  1. Hari Jumat merupakan hari yang paling baik diantara hari-hari yang lain dalam satu minggu.
  2. Hari Jumat merupakan hari diciptakannya Nabi Adam as.
  3. Hari Jumat merupakan hari dimasukannya Nabi Adam as ke dalam surga.
  4. Hari Jumat merupakan hari dikeluarkannya Nabi Adam as dari surga.
  5. Hari Jumat merupakan hari wafatnya Nabi Adam as.
  6. Hari Jumat merupakan hari terjadinya kiamat.
  7. Hari Jumat merupakan salah satu hari dikabulkannya doa orang yang memohon kepada Allah SWT.
  8. Hari Jumat merupakan hari disaksikannya setiap perbuatan manusia oleh Allah SWT.
  9. Hari Jumat merupakan hari disyariatkannya pelaksanaan ibadah shalat Jumat.

Ibadah Khusus Pada Hari Jumat




          Sebagaimana telah dijelaskan bahwa hari Jumat merupakan hari yang memiliki keutamaan yang sangat mulia bagi umat yang bertakwa. Hari Jumat telah dikhususkan oleh Allah SWT dengan berbagai ibadah dan hukum yang tidak diperoleh pada hari-hari yang lain, diantara hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan adalah sebagai berikut.
  • Disunnahkan membaca surah As Sajadah dan Al insan pada saat shalat subuh di hari Jumat.
  • Makruh bagi orang yang puasa dan shalat malam yang mengkhususkan untuk dilakukan pada hari Jumat saja.
  • Pada malam atau hari Jumat disunnahkan membaca surah Al Kahfi.
  • Pada malam atau hari Jumat disunnahkan bershalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Bagi orang yang telah mendengar adzan shalat Jumah maka hukumnya haram juka orang tersebut akan bepergian.
  • Setelah muadzin adzan dan imam duduk di atas mimbar maka haram hukumnya jika orang tersebut melakukan jual beli.


Banyak sekali hal-hal baik pada hari Jumat. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang seolah tidak mempedulikan hari Jumat. Dan yang lebih miris lagi adalah menganggap bahwa hari Jumat, tidak lebih sama saja seperti hari-hari biasanya. Terlebih bagi seorang laki-laki yang wajib melaksanakan shalat Jumat berjamaah. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan setiap hari Jumat. Aaammiinn...

0 Response to "Apa Arti Hari Jumat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel