Pengalaman Daftar Online Tes CPNS 2018

Pengalaman Daftar Online Tes CPNS 2018

source image: dokumen pribadi

Setelah sekian lama akhirnya tahun 2018 ini pemerintah kembali mengadakan tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk berbagai formasi dan instansi. Tentu tes CPNS ini sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan. tidak terkecuali bagi saya sendiri. Prediksi saya tes tahun ini akan meriah dan ramai peminat. Mulai dari yang baru lulus kuliah sampai yang sudah bergelut belasan tahun bekerja. Pada tulisan ini, saya akan bercerita mengenai pengalaman daftar online tes CPNS tahun 2018, mulai dari awal sampai pengumuman lulus administrasi.

source image: Surat Badan Kepegawaian Negara

Hari demi hari berlalu, akhirnya pemerintah mengumumkan melalui pemberitahuan surat bahwa:
  1. Pendaftaran online dimulai sejak 26 September - 10 Oktober 2018. 
  2. Seleksi Administrasi 28 September - 17 Oktober 2018
  3. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi 18 Oktober
  4. Penjadwalan pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) *belum ada
  5. pelaksanaan SKD 23 Oktober 14 November 2018
  6. Pelaksanaan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) 22 November - 28 November 2018
  7. Penggabungan SKD dan SKB 29 November - 1 Desember 2018
  8. Pengumuman Akhir 3 Desember 2018
Namun karena suatu hal dan lain sebagainya, jadwal semula ada sedikit revisi. Berikut revisiannya:
  1. Pendaftaran online dimulai sejak 26 September - 15 Oktober 2018
  2. Seleksi Administrasi 28 September - 20 Oktober 2018
  3. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi 21 Oktober
  4. Penjadwalan pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) 21 - 25 Oktober 2018
  5. pelaksanaan SKD 26 Oktober 17 November 2018
  6. Pelaksanaan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) 22 November - 28 November 2018
  7. Penggabungan SKD dan SKB 29 November - 1 Desember 2018
  8. Pengumuman Akhir 3 Desember 2018
Pendaftaran tes CPNS dimulai tanggal 26 September 2018, kamu bisa mendaftar melalui situs sscn.bkn.go.id. Mengetahui kabar tersebut, saya pun antusias dong... dan kamu juga pasti seneng kan? hehe.. Singkat cerita, 2 hari setelah pendaftaran dibuka, akhirnya saya memutuskan untuk segera mendaftar di situs sscn.bkn.go.id pada malam harinya. Mengapa saya pilih daftar pada malam hari? alasannya biar loadingnya cepet, karna yang akses pada malam hari pasti dikit. Pikir saya tadinya, eh ternyata oh ternyata prediksi saya melesat, saya lupa kalau tes ini sangat tinggi sekali peminatnya. Alhasil setelah beberapa kali mencoba mengakses situs sscn.bkn.go.id sangat-sangat lola (loading lama). Jangan-jangan koneksi internet saya yang buruk, Tapi pas saya buka youtube kok cepet aja kebukanya. Berarti fix kalau gitu situsnya memang sedang penuh pengunjung.


source image: sscn.bkn.go.id

Waktu demi waktu berlalu, setiap saat setiap waktu saya rutin cek situs ini. Mulai dari dari bangun tidur, tidur lagi sampai bangun lagi. Dan tidak ada perubahan signifikan, alias masih aja susah diakses situsnya. Dan tibalah hingga pagi hari kala itu sejak semalaman suntuk bergadang menunggu ketidakpastian, akhirnya tampilan registrasi pun muncul. Lalu apakah saat itu saya udah daftar? Jawabannya adalah "belum". Karena saat itu baru bisa membuka halaman tampilan registrasinya saja. Tanpa lelah dan pantang menyerah saya terus berusaha sambil berdoa, meskipun mata rasanya ingin terpejam karna saking ngantuknya. Oke fix! hari itu menyerah untuk sekadar menatap layar laptop. Akhirnya saya putuskan untuk tidur 30 menitan. Pengennya sih lanjut sampe siang, tapi mau gimana lagi, saya harus ngajar mencerdaskan anak bangsa.

Waduh.. gak kerasa waktu cepet bener berlalu, saya pun sudah pulang lagi ke rumah. Padahal masih ada beberapa pekerjaan lain yang harus saya selesaikan di sekolah. Namun rasa penasaran saya mengalahkan semuanya. Saya pun kembali bergelut dengan laptop sambil menyeruput segelas minuman kemasan rasa rossoo! hehehe.. 

Saat itu juga saya kembali bertempur dengan ratusan ribu pengunjung situs sscn.bkn.go.id agar bisa menembus pertahanan bagian registrasi. Sampai-sampai saya hapal NIK (Nomor Induk Kependudukan) saya dan nomor KK (Kartu Keluarga) karna saking seringnya mengisi kolom registrasi. Padahal mah kan biasanya kalau kita udah memasukkan sesuatu di kolom, bakalan ada lagi dengan sekali klik, tapi lagi-lagi laptop saya berbeda dengan laptop lainnya. kamu pasti tau kan maksud saya ini? pasti taulah.

Selain memasukkan NIK, saya juga harus konsentrasi memasukkan "captcha" atau saya sering menyebutnya capcay. Yapp.. capcay ini makin hari makin panjang aja. kalau salah masukin capcay, pasti ngulang lagi ketik NIK lagi. Pokoknya ya gitulah. tik...tok...tik...tok... waktu terus saja berlari tanpa menghiraukan saya. Akhirnya pada tanggal 30 September 2018. Yes!! pertahanan sscn berhasil jebol juga wkwkwk..

source image: dokumen pribadi

Alhamdulillah saya berhasil daftar. Setelah daftar sukses step selanjutnya adalah selfie sambil memegang kartu informasi akun daftar tadi dan juga KTP. Pertama-tama saya cetak dulu kartu tadi dan menyiapkan pakaian yang akan digunakan untuk berpose bareng kedua berkas tersebut. Alhamdulillah foto selfie pun berhasil, namun permasalahan baru muncul. Saya tidak bisa melanjutkan step selanjutnya untuk mengisi biodata. Waduhh saat itu juga perasaan saya kembali tak karuan. Oke fix pengunjung situs sscn makin merajalela. saya pun akhirnya menunda kembali untuk melanjutkan.

source image: dokumen pribadi


Pada tanggal 2 Oktober 2018. sekitar pukul 04.30 wib saya berhasil lanjut ke step mengisi biodata dan lanjut ke step selanjutnya. Pikir saya kala itu, mungkin pengunjung sudah lelah dengan semua ini. step setelah isi biodata waduh saya bingung lagi menentukan di mana sekolah yang akan saya tuju untuk CPNS ini. Setelah pertimbangan sana-sini akhirnya saya putuskan untuk ke sekolah yang memang sudah saya ketahui tempatnya, lagi pula lokasi dari rumah juga tidak terlalu jauh. oke step selanjutnya yaitu upload dokumen.

Saya pun langsung menyiapkan beberapa dokumen yang akan diupload ke situs sscn. Usut punya usut katanya tiap-tiap instansi yang kita pilih berbeda-beda persyaratannya. Alhamdulillah setelah saya lihat dokumen apa saja yang harus diupload, rasanya tidak ada yang memberatkan. Lagi dan lagi cobaan datang kembali dengan permasalahan yang berbeda. Ternyata ada ketentuan ukuran file yang diupload menjadi beberapa mega byte (mb). Sedangkan semua file hasil scan berukuran di atas 1 mb. okelah kalau gitu, saya kompres dulu melalui situs kompres online yang sudah ada di tampilan awal google.com widih betul dah situs kompres file online ini berada di urutan teratas google hehehe sepertinya orang-orang juga memanfaatkan situs ini. Singkat cerita, semua file sudah sukses saya kompres.


source image: dokumen pribadi


Selesai kompres file, lalu satu persatu dokumen saya upload dan tentu dengan ketelitian dan kefokusan yang optimal sekitar 70 persen fokus dan 30 persen ngantuk. tau sendiri saya hampir tiap malem begadangin situs ini sampai ada mata panda di wajah saya. Adapun dokumen yang saya upload, yaitu:
  1. Scan asli KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Scan asli Ijazah dan transkrip nilai
  3. Scan asli surat lamaran yang ditujukan ke kepala daerah setempat bertanda tangan di atas materai
  4. Scan foto berlatar belakang merah
Tidak terasa file demi file sudah saya upload dengan sukses. Namun ada satu file lagi yang belum, yaitu surat lamaran. opps... saya gak punya kertas folio gaess.. akhirnya saya tanya ke kakak saya, dan dia pun tak jua memilikinya, saya pergi ke rumah sodara saya yang letaknya tidak terlalu jauh. Dan alhamdulillah dapet kertas folionya, tapi kertas folio yang sudah mulai menguning karna memang sudah lama betul disimpan. Kertas folio dapat, selanjutnya saya mulai menulis. Oke saya akan coba membuatnya, bukan mencoba lagi sih sebenernya, tapi langsung membuatnya.

Perlahan namun pasti, akhirnya selembar surat lamaran dengan tulisan yang lumayan rapi namun tidak terlalu bagus jadi juga. Sebelum saya klik selesai, bertanda saya sukses mendaftar dan mendapat 2 lembar kertas bukti saya sudah mendaftar, saya cek kembali mulai dari file scan yang sudah diupload sampai resume. Dengan rasa kemenangan dan cucuran keringat serta berbungkus-bungkus camilan. Alhamdulillah saya berhasil daftar online tes CPNS 2018 jalur umum.

source image: dokumen pribadi

Dengan rasa lega saya pun memberitahukan kabar bahagia ini kepada kedua orangtua. "Alhamdulillah" itu kata yang terucap oleh mereka. Dan memberikan motivasi agar terus berusaha dan terus berusaha sampai final. Saya senang, orangtua senang, keluarga besar pun senang. Semoga saja ini adalah awal yang baik untuk saya pribadi ke depannya. Dan insha Allah nazar-nazar yang sudah di direncanakan apabila lolos sampai final akan dilaksanakan. Saya pun tidak henti-hentinya terus berdoa dan berusaha semaksimal mungkin.

Doa saya Kepada Allah SWT adalah, apabila memang ini jalan saya, maka permudahlah segala urusan dan hambatannya, dan apabila bukan jalannya, agar saya diberikan kelapangan dada dalam menerimanya. Untuk kamu-kamu semua dimanapun berada yang membaca tulisan ini dari Sabang sampai Merauke, yang mengikuti tes CPNS, agar diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalani langkah demi langkah tes CPNS ini. Aaammiinn...

Akhir kata sekian postingan kali ini. Selanjutnya apabila ada kesempatan, akan saya ceritakan juga pengalaman setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. karna pada saat membuat tulisan ini, alhamdulillah saya udah melaksanakan tes SKD. Hasilnya bagaimana kang? Kita lihat saja pengumuman resminya nanti tanggal 18 November 2018 jika melihat surat edarannya. Karena setiap instansi punya kebijakan-kebijakannya tersendiri.

bersambung...

0 Response to "Pengalaman Daftar Online Tes CPNS 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel