-->

Gagal Tes CPNS Bukan Segalanya

Teman teman yang budiman dimanapun kalian berada. Tes CPNS baru saja selesai dilaksanakan dan masing-masing instansi sudah mengumumkan hasil akhir siapa-siapa saja yang lulus. Alhamdulillah saya satu dari sekian orang yang belum beruntung. Dibilang sedih ya nggak juga sih, cuma sangat disayangkan saya kurang nilai sedikit di tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Saya kurang 5 poin dari passing grade yang ditetapkan agar lolos. Tapi gak mengapa kalau emang udah ditakdirkan seperti itu oleh Allah ya mau gimana lagi. Semoga aja tahun 2019 ini pemerintah bakal mengadakan lagi tes CPNS.

gagal tes cpns bukan segalanya (faizalhusaeni.com)


Oh iya gimana kalian yang ikut tes CPNS juga? lulus kah? semoga saja pembaca di sini banyak lolos ya hehe.. itu juga kalau ada yang baca tulisan ini. Buat kalian dan buat saya pribadi, harus inget bahwa ini hanyalah tes! dan kalau kamu gagal lulus, yaudah gausah berimbas kemana-mana. Jangan sampe karena gagal tes, jadi males ngapa-ngapain, males kerja, murung di kamar seharian dan sebagainya. Meskipun saya juga sempet males ngapa-ngapai pas pengumuman siapa aja yang lolos ke tahap SKB (Seleksi Kemampuan Bidang) yang jujur aja saya pun sempet putus asa seharian, merenung kenapa saya bisa gagal, apa karena saya kurang belajar, apa karena kurang ibadah. Dan itu nyata saya alami pas hari itu. Tapi setelahnya yaudah ikhlasin aja, toh rezeki masing-masing orang sudah dijamin sama Allah.

By the way karena saya pribadi sudah ikhlas menerima kenyataan bahwa tidak lulus tes CPNS. Akhirnya tercetuslah ide untuk sekadar menuangkannya dalam blog ini. Ada yang baca syukur, tidak ada juga ya tidak mengapa. Sesuai judul pada postingan kali ini, "Gagal Tes CPNS Bukan Segalanya". Yup betul sekali bahwa ketika kita menerima kegagalan dalam suatu hal, jangan sampai itu membuat segalanya tidak berarti. Misalnya aja kamu gagal move on, ya kamu bisa jalan di tempat, sedangkan dia yang udah menyia-nyiakan kamu malah lagi shopping sama yang baru. Kalau gitu ceritanya mah kamu kalah telak. Pertama kamu kalah dalam melawan kenyataan, kedua kamu kalah sama tipu daya setan. Kuncinya yang "yaudah ikhlasin" toh skenario Allah tentu jauh lebih indah dari apa yang kita bayangkan, siapa tau aja Allah lagi nyiapin seseorang yang lebih baik dari pada dia. Nah begitu juga ketika kamu tidak lulus tes CPNS. Siapa tahu aja rezeki kamu belum sekarang, tahun ini mungkin atau tahun berikutnya. Yang penting kamu jalani hari seperti hari sebelum kamu dinyatakan gagal tes CPNS. Karena sebelum atau sesudah dinyatakan gagal tes CPNS ya tidak ada bedanya. Jangan sampai berpengaruh buruk di kehidupan kamu. Contohnya ya saya ini, sebelum tes CPNS saya semangat sekali mengajar, datang lebih awal dan menghadapi siswa dengan senyuman. Lalu setelah gagal tes CPNS saya masih demikian, tidak ada yang berubah sedikitpun di keseharian.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita cenderung menyalahkan keadaan ketika kita gagal tes CPNS. Ada yang lulus padahal dia gak pinter-pinter amat, ada juga yang pinter tapi gak lulus. Mulai sekarang kita harus buang pikiran negatif seperti itu, karena itu adalah penyakit hati yang harus kita hindari, karena bisa mengakibatkan kita tidak percaya takdir Allah. Jangan sampe kita jadi menyalahkan Allah karena kita sendiri gagal, padahal udah maksimal belajar dan berdoanya. Inget aja bahwa semua sudah diatur oleh Allah dan akan indah pada waktu. kalau kata bang Tara seorang youtuber, "jadikan semua kegagalan menjadi pengalaman" karena pengalaman adalah guru terbaik di kehidupan. Jadi teman-teman yang gagal tes CPNS tetap semangat menjalani hari dan terus berusaha melakukan yang terbaik dimanapun kalian bekerja. Jangan lupa doakan selalu orangtuamu, niatkan segala sesuatunya semata-mata untuk beribadah dan diawali dengan bismillah.

Akhir kata dan kalimat itu sedikit coretan dari saya, kiranya ada kebaikan yang dapat kalian ambil sepatah dua patah kalimat semoga bermanfaat, ambil baiknya buang buruknya. Kalau ada penggunaan kata dan penulisan kalimat yang rancu, mohon koreksi dan kedepan akan saya perbaiki. itu aja yang bisa saya sampaikan, sampai berjumpa dipostingan lainnya.

author: Faizal Husaeni

0 Response to "Gagal Tes CPNS Bukan Segalanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel