-->

Guru privat SD - 5 Cara menjadi guru privat yang menyenangkan

5 Cara menjadi guru privat yang menyenangkan

Guru privat di zaman sekarang seolah menjadi kebutuhan bagi orang tua agar anaknya lebih paham mengenai pelajaran di sekolah. Mengapa? karena belajar di sekolah saja sepertinya kurang cukup. Ya meskipun biaya untuk mendatangkan guru privat tidaklah murah. Namun saat ini banyak sekali jasa guru privat dengan biaya terjangkau. Hal lain mengapa orang tua memanggil guru privat yaitu karena di sekolah terkadang guru kurang memahami betul karakteristik peserta didiknya satu persatu. Alhasil alternatifnya, orang tua mencari guru privat untuk belajar tambahan anaknya di rumah.

Dari sekian banyak guru privat yang menawarkan jasanya, baik melalui brosur, tempat les ternama, atau memasang iklan di internet. Semuanya pasti menuliskan portofolio mereka. Mulai tarif, waktu yang disediakan, daya tampung anak, kelebihan les privat dengannya serta menjelaskan cara yang menyenangkan agar anak paham materi pelajaran yang disampaikan dalam waktu singkat.

Nah, dalam postingan ini saya akan menjelaskan dan berbagi pengalaman selama menjadi Guru privat SD - 5 Cara menjadi guru privat yang menyenangkan.

1. Tanya anak apakah siap untuk belajar.
poin ini sangat penting untuk dilakukan, tujuannya yaitu agar anak dapat memahami apa yang akan kita sampaikan. karena nantinya percuma kita mengajari tapi pada akhirnya masuk telinga kanan keluar telinga kiri.
  • Siap belajar gak nih?
  • tadi belajar apa di sekolah?
  • ada yang mau diceritakan hal-hal menyenangkan pas di sekolah tadi?

2. ajaklah bercanda sesekali.
belajar itu, nggak melulu serius. Iya karena belajar haruslah menyenangkan. Boleh sesekali kita bercanda dengan anak didik pada saat belajar privat. Jangankan anak, kita yang dewasa pun demikian, kalau belajar serius malahan materi sulit diserap. Bercanda bisa dengan berbagai hal, main tebak-tebakan, berbalas pantun, atau dengan hal yang ada di sekitar.

  • kok hari ini cemberut? jangan cemberut dong, nanti manisnya ilang.
  • jangan takut, jangan kawatir. itu kentut bukan petir
  • ikan apa yang matanya banyak gak bisa dihitung? ikan teri satu ember
  • lele apa yang suka pelukan? LELETUBIS
3. gunakan bahasa yang santai
penggunaan bahasa santai menjadi hal yang disukai anak. Syukur-syukur kamu bisa menggunakan bahasa daerah yang biasa digunakan anak di rumah. Tujuannya supaya anak nyaman dan mudah menyerap yang kita ucapkan.Tapi ketika belajar bahasa Indonesia kita harus pakai bahasa Indonesia.


  1. lets go !!! saatnya permainan kalimat. eng...ing...eng...
  2. kumaha neng? tos paham tacan (gimana nak?, sudah paham belum)

4. manfaatkan gadget pendukung
sesuatu yang ada di sekitar, atau yang kita miliki ternyata bisa digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran guru privat. Misalkan kamu kesulitan atau bingung untuk menjawab pertanyaan anak yang kamu tidak tahu, nah kamu bisa cari di mbah google jawaban yang tepat untuk diberikan pada anak. Atau pada materi yang membutuhkan tayangan video, kamu bisa memanfaatkan laptop untuk menampilkan video tersebut.

5. minta anak untuk menuliskan sebuah kalimat di akhir pembelajaran
terakhir adalah meminta anak untuk menuliskan sebuah kalimat diakhir pembelajaran. Kalau saya biasanya meminta anak untuk menuliskannya di secarik kertas kecil, lalu digulung dan disimpan di gelas plastik ala-ala kocokan arisan gitu. Nah nanti di akhir bulan saya buka dan saya bacakan bersama mereka. Kalau kalimatnya mengutarakan ketidakpuasan anak dalam belajar, maka saya akan memperbaikinya. Tapi selama ini sih selalu kalimat menyenangkan yang anak-anak tulis untuk saya.

Itulah 5 Cara menjadi guru privat yang menyenangkan menurut pengalaman saya. Dan mungkin pengalaman kamu jauh lebih menyenangkan dari saya? Mari kita berdiskusi di kolom komentar untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

0 Response to "Guru privat SD - 5 Cara menjadi guru privat yang menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel