-->

Tokoh Pahlawan Sultan Hasanuddin

sultan hasanuddin - faizalhusaeni.com.jpg

Sultan Hasanuddin lahir di Makassar pada tahun 1631, ia dijuluki Ayam Jantan dari Timur. Keberaniannya menentang Kolonial Belanda sudah dikenal masyarakat Makassar. Sultan Hasanuddin adalah raja dari kerajaan Gowa, Sulawesi. Ia adalah putra kedua dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa ke-15.  Kerajaan Gowa adalah kerajaan terbesar di wilayah timur Indonesia, serta menguasai lalu lintas perdagangan di sana.

Ketika Belanda datang dan bermaksud memonopoli perdagangan, Hasanuddi menentang keras. Tentu saja peperangan tidak dapat dihindari. Belanda menurunkan Cornelis Speelman dengan 1000 tentaranya pada tahun 1666. Pertempuran sangat alot dan berlangsung berbulan-bulan, sehingga mengakibatkan pasukan kerajaan Gowa semakin melemah. Hal itu juga disebabkan hasutan Belanda pada kerajaan-kerajaan kecil di sana, untuk memerangi kerajaan Gowa.

Pada tanggal 18 November 1667, diadakan perjanjian Bongaya. Melalui perjanjian itu, secara licik Belanda telah menyebabkan kerajaan Gowa sebagai pihak yang semakin dirugikan. Akibatnya, Sultan Hasanuddin bersama pasukannya kembali berperang melawan Belanda.

Belanda pun tidak tinggal diam begitu saja, mereka mendatangkan bantuan dari Batavia hingga akhirnya Belanda berhasil merebut benteng terkuat Gowa, Sombo Opu. Hal ini menyudutkan pasukan Gowa, hingga akhirnya perlawanan tidak berlanjut.

Kemudian Sultan Hasanuddin mengundurkan diri sebagai raja dan digantikan oleh Sultan Amir Hamzah. Sultan Hasanuddin wafatnya, pada 12 Juni 1670, Hingga akhir hayatnya Hasanuddin tetap menolak bekerja sama dengan Belanda.

Atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan perjuangan kemerdekaan, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 087/TK/1973 tanggal 6 November 1973. Sikap Sultan Hasanuddin yang konsisten untuk tidak bekerja sama dengan Belanda sudah seharusnya menjadi teladan bagi kita semua.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Sultan Hasanuddin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel