-->

Tokoh Pahlawan - Suryopranoto

tokoh pahlawan suryopranoto-faizalhusaeni.com

Suryopranoto lahir pada tahun 1871 di Yogyakarta. Ia adalah cucu Pakualam III dan kerap dijuluki Raja Pemogokan atau De Stakingskoning oleh Belanda. Ia pernah menempeleng atasannya yang seorang Belanda, ketika bekerja sebagai pegawai di kantor kontrolir Tuban.

Suryoranoto pernah menjadi pegawai Dinas Pertanian di Wonosobo. Hal itu wajar saja, karena ia lulus Sekolah Pertanian Bogor. Suryapranoto menjadi langganan penjara Belanda, karena kegiatannya lewat aksi mogok, maka dari itu, tidak heran beliau terkenal karena perlawanannya terhadap kolonial Belanda dengan mengorganisasikan aksi mogok buruh.

Tahun 1923 Suryopranoto dipenjara di Malang, tahun 1926 di Semarang, dan tahun 1933 di Sukamiskin, Bandung. Pada tahun 1922 terjadi pemogokan 3.000 buruh pegadaian di Yogyakarta, yang kemudian pemogokan itu menjalar ke mana-mana. Untuk membantu buruh yang dipecat karena aksi tersebut, Suryapranoto membentuk suatu badan. Ia berhenti sebagai kepala Dinas Pertanian karena protes terhadap pemecatan pegawai yang merupakan anggota Sarekat Islam. Sejak saat itu, ia tidak sudi lagi bekerja pada Belanda.

Beliau sangat gencar sekali melakukan tuntutan kenaikan upah buruh dan jaminan sosial yang layak dari pemerintah Belanda. Perhatiannya pada buruh sangat besar, terlebih dengan berdirinya organisasi Adhi Dharma pada tahun 1914. Demikian pula saat Jepang menduduki Indonesia, ia dengan gencar menentang Jepang. Keberaniannya untuk membela hak-hak buruh patut diacungi jempol dan menjadi teladan, karena seringkali hak-hak buruh sengaja dilupakan oleh penguasa dan pemerintah.

Suryopranoto meninggal dunia pada tanggal 15 Oktober 1959 di Cimahi dan dimakamkan di Kotagede, Yogyakarta. Suryopranoto mendapat anugrah sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.310/1959 pada tanggal 30 November 1959.

0 Response to "Tokoh Pahlawan - Suryopranoto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel