-->

Tokoh Pahlawan - Sutan Syahrir

Sutan Syahrir tokoh pahlawan-faizalhusaeni.com

Sutan Syahrir - cita-cita mewujudkan kemerdekaan membuatnya meninggalkan bangku sekolah di Belanda dan terjun dalam pergerakan nasional. Syahrir pernah tiga kali menjabat sebagai perdana menteri, serta merangkap sebagai menteri dalam dan luar negeri.

Sutan Syahrir lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, tanggal 5 Maret 1909. Pada usia 22 tahun, dia menjadi Ketua Umum Partai Nasional Indonesia Merdeka, yang mana bertujuan mendidik kader-kader politik bangsa. Oleh karena itu, ia ditangkap Belanda pada 1934 dan dipenjara di Cipinang, Jakarta, sebelum dibuang ke Digul, Papua bersama Bung Hatta. Kemudian dibuang ke Banda Neira, dan terakhir ke Sukabumi, Jawa Barat.

Kemudian Sutan Syahrir mendirikan Jong Indonesia, dan menjadi Pemuda Indonesia. Pada masa Jepang ia melakukan perlawanan rahasia bersama mahasiswa. Pada Orde lama, Syahrir ditangkap karena dituduh berkomplot untuk membunuh Presiden Soekarno. Saat itu, Sutan Syahrir aktif membina partai Sosialis Indonesia.

Sutan Syahrir meninggal dunia di Swiss pada tanggal 9 April 1966, untuk berobat sakit lumpuhnya. Ia dianugrahi gelar pahlawan nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden R1 no.76/1966 pada 9 April 1966. Itulah kisah singkat mengenai Sutan Syahrir.

0 Response to "Tokoh Pahlawan - Sutan Syahrir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel