3 Peran guru dalam pengelolaan kelas

3 peran guru dalam pengelolaan kelas - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Peran guru dalam pengelolaan kelas - Guru memiliki peran yang sangat besar dalam pengelolaan atau mengelola kelas karena guru sebagai penanggung jawab kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru sebagai sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. guru harus memiliki inisiatif  dan kreatif dalam mengelola kelas, karena gurulah yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi kelasnya serta keadaan siswa-siswinya.
Ada tiga peran guru yang harus dilakukan dalam kaitannya dengan tugas pengelolaan kelas, diantaranya sebagai berikut.

Peran Sebagai Pengajar (Instruksional)
Peran ini mewajibkan guru menyampaikan sejumlah materi pelajaran sesuai dengan program yang sudah direncanakan dan dibuat. Program tersebut berupa informasi, tugas dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Oleh karena itu, guru harus betul-betul siap dan menguasai materi pelajaran, metode mengajar dan teknik-teknik evaluasi.
Dalam peran ini, guru menjadi sumber informasi dan sumber belajar utama. Guru juga harus senantiasa menambah dan memperluas wawasannya dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat itu juga sedang berkembang.

Dalam melaksanakan peran sebagai pengajar, ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru, yaitu:
1. menyusun program pengajaran
2. membuat persiapan mengajar dan rencana kegiatan belajar mengajar
3. menyiapkan alat peraga
4. merencanakan alat evaluasi
5. menyiapkan hal-hal berkaitan dengan pelajaran
6. mengatur ruangan kelas sedemikian rupa
7. mengatur tempat duduk siswa sesuai kondisi siswa

Peran Sebagai Pendidik (Educational)
Tugas guru bukan saja mengajar, melainkan lebih daripada itu mengarahkan siswa menjadi manusia dewasa yang cerdas dan berbudi luhur. Dalam hal ini, peran guru dalam pembentukan sikap, mental dan watak sangatlah dominan. Dengan demikian, sistem guru kelas sangatlah sesuai karena sebagai psikologis, siswa memerlukan guru di sekolah sebagai pengganti orang tuanya.
Oleh karen itu, guru harus memperhatikan siswa terutama sikap, tingkah laku, ketertiban dan kedisiplinannya. Di samping itu juga guru harus memperhatikan kebiasaan, kelainan, kekhususan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing siswa-siswinya.

Peran Sebagai Pemimpin (Manejerial)
Peran ini bukan hanya pada saat pelajaraan berlangsung saja, akan tetapi juga sebelum dan sesudah berlangsungnya pelajaran. Seperti yang sudah diketahui bahwa guru adalah pemimpin dan penanggung jawab utama di kelasnya. Oleh karena itu, segala yang terjadi di dalam kelas dan yang berkaitan dengan siswa secara langsung atau tidak langsung menjadi tanggung jawab guru kelas.
Selain itu, guru juga harus banyak tahu tentang semua latar belakang siswanya, baik itu kondisi sosial dan kondisi ekonomi keluarganya. Sebagai pemimpin kelas, guru juga harus mengadakan hubungan dengan sekolah-sekolah lain, masyarakat di sekitar sekolah dan juga memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan. Oleh karenanya, hal-hal yang menyangkut tata usah dan administrasi kelas termasuk juga dalam lingkup peran guru sebagai manajerial kelas.

0 Response to "3 Peran guru dalam pengelolaan kelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel