3 Prosedur kegiatan pembelajaran

prosedur kegiatan pembelajaran - langkah-langkah pembelajaran - langkah kegiatan pembelajaran - belajar di kelas - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

1. Kegiatan pendahuluan pembelajaran, keberhasilan proses pembelajaran di antaranya sangat dipengaruhi oleh kegiatan pendahuluan pembelajaran ini. Beberapa kegiatan pendahuluan yang perlu dilakukan dalam pembelajaran diantaranya sebagai berikut.

1) Menciptakan kondisi awal pembelajaran, untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang baik perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh guru, diantaranya yaitu:
a. Menciptakan semangat dan kesiapan belajar anak, upaya ini dapat mewujudkan melalui bimbingan dari guru pada siswa. Atau melalui cara dan teknik yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.
b. Menciptakan suasana demokrasi dalam belajar, upaya ini dapat diwujudkan melalui cara dan teknik yang digunakan guru dalam mendorong siswa agar berkreatif dalam belajar dan mengembangkan keunggulan yang dimiliki siswa.

2) Melaksanakan apersepsi dan atau penilaian kemampuan awal siswa. Kegiatan ini lebih menekankan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal yang telah dimiliki siswa. Seorang guru perlu menghubungkan materi pelajaran yang telah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari siswa dan tidak mengenyampingkan pemberian motivasi belajar terhadap siswa. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang perlu dikembangkan pada awal pembelajaran.

2. Kegiatan inti dalam pembelajaran memegang peran penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karenanya, kegiatan inti dalam pembelajaran merupakan kegiatan yang kompleks dalam proses belajar mengajar yang mengutamakan pada proses pembentukan pengalaman belajar siswa. Kegiatan inti dalam pembelajaran harus direncanakan oleh guru berdasarkan pada kurikulum yang berlaku. Dengan memprioritaskan pada aktivitas siswa yang dibimbing oleh guru. Berikut langkah-langah kegiatan inti dalam pembelajaran meliputi:
1) Memberitahukan tujuan atau topik pelajaran yang akan dibahas.
2) Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang harus ditempuh siswa.
3) Membahas atau menyajikan materi pelajaran.

3. Kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan dalam kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran adalah:
1) Melaksanakan penilaian akhir
2) Mengkaji hasil penilaian akhir
3) Melaksanakan kegiatan tindak lanjut, alternatif kegiatan di antaranya:
a. Memberikan tugas dan latihan-latihan
b. Menjelaskan kembali bahan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa
c. Menugaskan membaca materi pelajaran tertentu
d. Memberikan motivasi atau bimbingan belajar.
4) Mengemukakan topik bahasan yang akan datang
5) Menutup pelajaran.
"Jika menjadi pendidik membuatmu tak mau mempelajari cara-cara baru, maka percuma statusmu sebagai dosen dan guru. Buatlah kelasmu asyik, gunakan cara menarik, itulah saran Mario Wikwik." (J.S Khairen dalam bukunya yang berjudul "Kami (Bukan) Sarjana Kertas")

0 Response to "3 Prosedur kegiatan pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel