-->

5 Cara mendidik anak yang benar

cara mendidik anak yang benar - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

5 Cara mendidik anak yang benar - Dalam keluarga, tentu mendidik anak adalah suatu hal yang gampang-gampang susah. Mudah jika kita tahu menempatkan diri, sulit saat kita tidak tahu cara menanganinya. Cara mendidik anak, tidak melulu soal belajar terus di sekolah. Tapi untuk hal-hal sederhana, rasanya orang tua pun dapat melakukannya di rumah dengan cara-cara sederhana. Seperti apakah cara mendidik anak yang benar itu? Apakah sulit? atau mungkin sebaliknya. Pada postingan ini, saya akan berbagi 5 cara mendidik anak yang benar.
1. Jika melihat anakmu menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya. Cobalah untuk mengajaknya ke luar rumah untuk melihat alam sekitar dengan menunjuk  burung atau awan di atas langit agar anak melihatnya. Ia akan terdiam, karena psikologis manusia saat menangis adalah menunduk.
2. Jika ingin anak-anakmu berhenti bermain, jangan katakan, " Ayo, sudah mainnya, stop ya!". Tapi katakan pada anak, "Mainnya 10 menit lagi ya". Kemudian ingatkan kembali, "5 menit lagi ya". kemudian barulah katakan, "Ayo, waktunya sudah habis". Dengan cara seperti ini, anak bisa dipastikan akan berhenti bermain.
3. Jika kamu berada di sebuah ruangan atau kelas yang ada sekumpulan anak-anak. Lalu mereka berisik, dan kamu ingin memperingatkan mereka agar tidak berisik dan gaduh, maka kamu bisa mengatakan, "Siapa yang mau mendengarkan cerita saya, angkat tangannya?". Salah seorang anak pasti akan mengangkat tangan dan dibarengi dengan anak-anak lainnya. Seketika pun kelas atau ruangan akan hening.
4. Katakan kepada anak-anak menjelang tidur, "Ayo tidur sayang, besok pagi kan kita salat subuh berjamaah", maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat. Jangan berkata,"Ayo tidur sayang, besok kan sekolah", akhirnya mereka akan lalai salat subuh karena perhatiannya adalah dunia atau sekolah.
5. Tinggalkan handphone sesaat ketika kamu sedang bersama anak-anak, hentikan segala aktivitas yang bisa mengganggu waktumu bersama anak, jika ada teman atau seseorang yang menelepon, katakan "Maaf saya saat ini sedang sibuk mendampingi anak-anak bermain, kamu bisa menghubungi saya lagi nanti". Dengan meniadakan kesibukan disela-sela mendampingi anak, maka anak merasa ia spesial dan diperhatikan oleh orang tuanya.
Nikmati masa kecil anak-anakmu, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan dan kekanak-kanakan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. Bermainlah bersamanya, tertawalah bersama mereka, bercanda bersenda gurau.

Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain. Lebih bagus lagi diselipkan tentang ilmu-ilmu agama agar bermanfaat dunia dan akhirat.
Akhirnya, itulah 5 Cara mendidik anak yang benar. Semoga bermanfaat untuk siapapun kamu yang membaca, baik itu orang tua maupun calon orang tua.

0 Response to "5 Cara mendidik anak yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel