-->

7 Hal kecil tapi pengaruhnya besar

7 Hal kecil tapi pengaruhnya besar - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Sesuatu yang besar biasanya berawal dari hal kecil. Puntung rokok yang menyala pun bisa menghanguskan hutan yang begitu luas. Terkadang kita selalu menyepelekan suatu hal yang menurut kita itu tidak terlalu penting, padahal ada hal besar dari sesuatu yang kecil tersebut. Sesuai dengan judul postingan ini, saya akan berbagi 7 hal kecil tapi pengaruhnya besar.

1. Datang tepat waktu saat janjian

Seberapa sering kamu kalau janjian dengan seseorang datang tepat waktu? kalau jawabannya jarang, atau bahkan tidak pernah sama sekali, itu artinya kamu harus membuang kebiasaan itu. Kenapa? Karena dengan kamu datang tidak tepat waktu, kamu akan membuat kesan buruk di mata orang tersebut.

2. Membiasakan "maaf, tolong, terima kasih"

Maaf, tolong dan terima kasih merupakan kata-kata sederhana namun pengaruhnya luar biasa ketika diucapkan. Kata maaf digunakan ketika kita mempunyai kesalahan, kata tolong digunakan ketika kita memerlukan bantuan, dan kata terima kasih sebagai bentuk apresiasi kita terhadap seseorang. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang lupa untuk sekadar menyelipkan ketiga kata tersebut.

3. Mendengar, bukan menjawab

Adakalanya kita harus menjadi pendengar yang baik. Jadilah pendengar yang baik terlebih dahulu sebelum menjadi pembicara. Ada saatnya kita berperan menjadi pendengar dan ada waktunya kita menjadi penjawab.

4. Menatap mata lawan bicara

Ketika berbicara dengan seseorang, usahakan kamu melakukan kontak mata dengan lawan bicaramu. Tidak sopan rasanya kalau kita mengobrol tapi pandangan mata kita kemana-mana fokusnya. Bukan tidak mungkin, lawan bicaramu akan menganggapmu lancang dan tidak beretika kepadanya. Oleh karena itu tataplah lawan bicaramu ketika kamu mengobrol.

5. Tidak lupa nama orang

Pernahkah kamu bertemu kawan lama di jalan tapi kamu lupa namanya? Kalau saya sih sering banget kayak gitu. Apalagi kalau temen SD. Ya maklum aja sih, kan wajah sd dengan sudah dewasa pasti bakalan beda jauh. Mau gimana lagi, lupa kan emang udah jadi sifat kebanyakan orang.

6. Berkata yang baik atau diam

Tidak heran ada pepatah mengatakan diam itu emas. Karena seharusnya memang seperti itu. Kita lebih baik tidak berkata apapun dari pada menyampaikan yang tidak baik atau tidak benar. Pepatah juga mengatakan, mulutmu harimaumu.


7. Salam, senyum dan sapa

Anak-anak, muda maupun tua semuanya dapat melakukan ketiga hal ini. Apa susahnya mengucapkan salam kepada orang sekitar ketika berjumpa, senyum pun demikian teramat mudah diberikan, bertegur sapa seolah menjadi kebiasaan baik masyarakat Indonesia.

Jangan sekali-kali kamu meremehkan hal kecil. Karena kecilpun akan ada besarnya kalau kita tidak tahu sesuatu dibaliknya.

0 Response to "7 Hal kecil tapi pengaruhnya besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel