-->

8 Keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran

8 Keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Seorang guru haruslah memiliki keterampilan dasar mengajar. Sekurang-kurangnya ada 8 keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan aplikasi pembelajarannya. Delapan keterampilan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Keterampilan Menjelaskan ; agar pembicaraan yang dianggap guru sebagai menjelaskan dapat dipahami siswa secara positif dan efektif, maka sudah seharusnya seorang guru harus menguasai keterampilan memberi penjelasan ketika mengajar. Menjelaskan materi yang serius tapi santai, biasanya disukai oleh siswa.
  2. Keterampilan Bertanya ; Tujuan bertanya adalah untuk memperoleh informasi. Akan tetapi, pertanyaan yang diajukan guru tidak semata-mata bertujuan mendapatkan informasi tentang pengetahuan siswa-siswinya, melainkan jauh lebih penting yaitu untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan melatih siswa dalam mengemukakan pendapat.
  3. Keterampilan Memberi peringatan ; Peringatan mempunyai peran penting dalam meningkatkan keefektifan kegiatan pembelajaran. Pujian atau tanggapan positif akan membuat siswa merasa senang dan diperhatikan karena dianggap memiliki kemampuan. 
  4. Keterampilan mengadakan variasi ; guru harus kreatif dalam melakukuan variasi. Variasi sangatlah diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Siswa akan menjadi bosan jika guru selalu mengajar dengan cara yang sama secara berulang-ulang. Dengan variasi tersebut, menjadikan siswa lebih enjoy dan semakin penasaran dalam pembelajaran.
  5. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran ; guru harus menguasai keterampilan membukan dan menutup pelajaran, karena keterampilan ini adalah kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan pembahasan materi pelajaran.
  6. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil ; Alasan pentingnya diskusi kelompok dalam kelas berkaitan dengan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) yang menuntut keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karenanya, guru dituntut memiliki keterampilan membimbing diskusi kecil.
  7. Keterampilan mengelola kelas ; Suasana belajar yang kondusif seperti pengaturan tempat duduk siswa yang sesuai, tata letak meja, ruang kelas yang bersih serta tenang, alat peraga yang menarik tentu akan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa. Dengan kondisi seperti itu, siswa merasa nyaman dan seolah merasa kehangatan seperti halnya kondisi di rumahnya sendiri.
  8. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan ; Guru juga dapat membantu siswa sesuai dengan kebutuhan, misalkan dengan cara memberi tugas sesuai dengan kemampuannya atau menilai kemampuan siswa dengan cara yang paling tepat untuk masing-masing siswa.

Itulah kedelapan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh guru. Dengan menguasai keterampilan tersebut, rasanya bukan tidak mungkin kalau putra-putri yang dididik guru menjadi penerus bangsa Indonesia kelak.
Terima kasih guru. Berkat jasamu, kini aku berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

0 Response to "8 Keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel