-->

Cara mendorong anak berpikir kritis

cara mendorong anak berpikir kritis - anak berpikir kritis - cara beripikir kritis anak - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Cara mendorong anak berpikir kritis - Orang tua pasti menginginkan anak-anaknya mampu berpikir kritis. Untuk mendorong dan menumbuhkan sikap berpikir kritis pada anak-anak, paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan.
Pertama, mengamati yang berarti kemampuan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk berbagai kepentingan.
Kedua, kemampuan menganalisis dan memahami fenomena yang terjadi di sekitarnya. Anak harus mampu menyaring informasi yang berhasil ia kumpulkan untuk mencari satu titik apa yang seharusnya dilakukan.
Ketiga, menerapkan yang berarti menggunakan hasil analisis untuk mengembangkan ide-ide berkualitas tinggi.
Dari ketiga cara di atas dinilai paling tepat untuk menumbuhkan sikap kritis anak, karena anak langsung dihadapkan pada sebuah fenomena. Dari sini, seorang anak akan terlatih kemampuannya dalam mengamati sebuah kejadian. Selanjutnya, ia akan mencari sebab-akibat dari fenomena yang ditemukannya, hingga memudahkan anak untuk melakukan analisis.

Hasil dari analisis tersebut kemudian akan dihadapkan pada sebuah kejadian yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang paling mudah ditemukan dilingkungan anak tinggal. Dengan pola yang dikembangkan itu anak-anak sudah mulai berkenalan dengan apa yang disebut berpikir kritis sebagai bagian dari masa depan. Untuk itu si anak harus dirangsang untuk mengembangkan ide yang dimilikinya. Kemudian ajaklah anak-anak untuk menyusun sebuah rencana berdasarkan ide-ide mereka itu. Di sini dibutuhkan kemampuan berhitung dengan cermat.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk berkomunikasi untuk menyampaikan pendapat tentang rencana yang hendak dilakukan. Kemampuan komunikasi menjadi penting karena apa-apa yang telah dipikirkan kadang kala tidak bisa disampaikan dengan baik ke anak. Semuanya itu tentu harus dilatih sejak anak ketika berusia dini.

Akhirnya, mendorong anak berpikir kritis tidaklah semudah yang orang tua bayangkan. Oleh sebab itu, orang tua menjadi kunci agar anak menjadi kritis dalam berpikir.
Tidak ada yang instan dalam hidup ini, kita butuh sebuah proses untuk meraihnya.

0 Response to "Cara mendorong anak berpikir kritis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel