-->

Tokoh Pahlawan Dr. Danudirja Setiabudi

Dr. danudirja setiabudi-setyabudi-faizalhusaeni.com-faizal husaeni-tokoh pahlawan nasional.jpg

Dr. Danudirja Setiabudi dilahirkan pada tanggal 8 Oktober 1879 di Pasuruan, Jawa Timur. Setiabudi adalah tokoh pergerakan nasional berdarah campuran Belanda, Jerman, Perancis dan Jawa. Ia senantiasa mengaku bangsa Indonesia, Seperti yang dilakukannya pada saat mendaftar sebagai mahasiswa di Universitas Zurich, Swiss.

Dr. Danudirja Setiabudi atau Ernest Eugene Douwes Dekker pernah menjadi guru kimia dan mengembara ke berbagai negara, bahkan pernah menjadi sukarelawan di Afrika Selatan dalam perang Boer. Ia juga pernah memimpin Harian De Express dan mendirikan Indische Partij (IP) bersama dengan dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat. Indische Partij merupakan partai politik pertama yang lahir di Indonesia.

Setiabudi gencar melakukan kampanye bersatunya kaum Indo dalam menentang penjajahan. Setiabudi juga memperkenalkan suatu nama untuk tanah air kita yang mengandung unsur kata India, Yaitu Nusantara, suatu istilah yang telah lama kita lupakan semenjak zaman Majapahit. Oleh karena itu pula, ia dicap sebagai penjajah internasional oleh Belanda, karena menentang agresi militer Belanda. Bahkan pada tahun 1913, ia ditangkap dan dibuang ke Belanda, karena kegiatannya dalam Komite Bumiputera.

Dalam kabinet Syahrir III, ia diangkat menjadi menteri negara dan penasihat delegasi RI dalam perundingan-perundingan dengan Belanda. Dalam agresi militer II Belanda, ia ditangkap dan dipenjara. Dr. Danudirja Setiabudi meninggal di Bandung pada tanggal 28 Agustus 1950.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Dr. Danudirja Setiabudi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel