Memahami Dunia Anak

cara memahami dunia anak - faizalhusaeni.com

Memahami Dunia Anak - Dunia anak adalah dunia yang khas, dunia yang berbeda dengan dunia kita orang dewasa. Bukan hanya dari segi kuantitas saja, melainkan juga dari segi kualitas. Dengan lebih memahami dunia anak, maka sikap kita terhadap mereka juga akan lebih diterima di hati mereka. Langkah yang kita lakukan pun akan lebih tepat dan mengenai sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bukan rahasia umum lagi, kalau dunia anak adalah dunia bermain. Di mana pun mereka berada, mereka hidup dalam dunia bermain yang indah. Dunia yang penuh keceriaan, spontanitas, imajinatif. Anak akan senang makan, tidak rewel, kalau suasananya adalah suasana bermain yang menyenangkan. Anak juga akan senang belajar di sekolah bila suasana belajarnya adalah suasana bermain yang menyenangkan. Kalau suasananya membuat ia stres dan tegang, anak tidak akan pernah senang belajar atau makan. Jadi ciptakanlah suasana bermain yang menyenangkan untuk mendekati anak.

Anak senantiasa tumbuh dan berkembang. Mereka tak cuma tumbuh secara fisik, namun juga berkembang secara psikologis. Pemahaman bahwa anak tumbuh dan berkembang menuntut kita untuk juga bisa memahami ciri setiap tahap perkembangan yang dialami anak. Artinya, memberikan mainan kepada anak balita tentu berbeda dengan anak batita.

Anak juga adalah peniru terbaik. Artinya apa? artinya dalam mengembangkan kepribadiannya mereka meniru apa-apa yang dilihatnya dari lingkungan sekelilingnya. Karena mereka melihat orang tuanya sering bertengkar dan marah-marah kepada pembantu di rumah, maka anak akan meniru dan tumbuh menjadi pemarah. Atau menjadi seorang anak yang tumbuh cerdas dan senang belajar, karena melihat budaya belajar juga dikembangkan di rumah melalui contoh-contoh orang tuanya yang disiplin. Dalam hal ini, anak sungguh memerlukan keteladanan dari orang-orang sekitarnya.

Pada dasarnya, anak adalah sosok yang kreatif. Mereka selalu ingin tahu, berani untuk mencoba, tidak takut salah, bebas dalam berpikir, dan senang akan hal-hal baru yang senantiasa melekat pada kehidupan anak di mana pun, khususnya anak usia balita.

cara memahami dunia anak - faizalhusaeni.com
anak-anak sedang bermain air di sungai

Dalam memahami dunia anak sepatutnya mendorong kita untuk menyediakan lingkungan menyenangkan agar kreativitas anak terus berkembang dengan optimal. Baik dalam bersikap terhadap mereka maupun penyediaan berbagai sarana dan prasarana yang dapat merangsang kreativitas anak. Itulah dunia anak yang perlu kita pahami.


Pemahaman mengenai dunia anak memang perlu dimiliki semua pihak, mulai dari orang tua di rumah, guru di sekolah, kaum pendidik pada umumnya, pekerja sosial, elite politik, media massa, sampai kepada dunia usaha.

Semoga saja dengan pemahaman seperti itu, kita akan bisa lebih mampu menciptakan anak menjadi jenius dan cerdas. Apalagi jika melihat negara Indonesia yang besar, kaya dan luas ini sangat membutuhkan lahirnya anak-anak generasi baru yang jenius dan cerdas sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan itu semua bisa terealisasikan. Insya Allah!

0 Response to "Memahami Dunia Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel