-->

Pengalaman diterima google adsense blog faizal husaeni

Pengalaman diterima google adsense blog faizal husaeni - faizalhusaeni.com

Setiap orang mempunyai kesukaan yang berbeda, setiap orang juga punya cara tersendiri untuk mengekspresikan kesukaannya tersebut, dan setiap orang paling tahu apa yang ingin ia lakukan sehingga menjadi kebiasaannya. Aku suka akan sesuatu yang berhubungan dengan dunia internet. Dunia internet yang hanya dipermukaannya saja. Ini semua berawal semenjak kelas 11 SMA dulu. Iya, kala itu ada pelajaran yang bernama "mulok html". Dari nama saja udah mungkin kamu berpikiran aneh kan? Aku demikian, tapi justru karna keanehannya tersebut yang membuat aku penasaran untuk mempelajarinya lebih jauh.

Jadi, mulok ini tuh kayak ngotak-ngatik halaman eror atau istilahnya ngoding gitulah. Pusing tapi seru dan bagiku menyenangkan. Sampai akhirnya kini aku menyukai yang namanya html ini. yang mana sekarang menjadi salah satu bagian hobi yang sampai sekarang masih saja jalani, dan itu semua aku tuangkan dalam sebuah nama yang bernama blog.

Singkat cerita, aku pun memberanikan diri untuk membuat sebuah blog sederhana, dengan mendaftar di blogger. Mendaftar sukses, dan aku pun resmi menjadi satu dari sekian juta blogger yang ada di dunia saat itu. Pintu gerbang sudah resmi dibuka dan aku mulai melancarkan aksi dengan searching di google mencari bahan untuk mempercantik tampilan blog. Mulai dari gonta-ganti template, jenis font, ukuran font, pasang berbagai widget, revisi nama blog, bahkan sampai menambahkan musik di blog sudah pernah aku lakukan. Sungguh bahagia perasaanku saat itu, sudah seperti seorang blogger handal pikirku saat itu.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan keasyikan bersama blog yang sudah sedemikian rupa, lambat laun mulai sirna. Ternyata menjadi blogger bukanlah hobi sejati, melainkan hanya hobi musiman seperti halnya musim layangan saat angin kencang dan musim tamiya menjelang hari raya. Beberapa tahun lamanya aku mulai menjauh dari dunia blogging. sampai suatu ketika timbul sepucuk semangat menyeruak dalam hati sembari membisikkan,
"Ayo lirik blogmu lagi, bukankah blog itu dapat menghasilkan pundi-pundi uang?". 
Lebih kurangnya bisikannya seperti itu. Dan pada pertengahan 2018 aku membuka kembali blogku yang lama sekali tidak aku jamah. Kesukaan memang kesukaan, sampai kapan pun aku membencinya, toh sampai akhirnya aku akan kembali menyukainya, meskipun kata orang rasanya tidak sama seperi semula.

Login di blogger sukses, dan kata sandi masih cukup aku ingat. Aku klik kesana-kemari memeriksa dashboard blogger.com dan melihat artikel kopasan yang pernah aku buat beberapa tahun lalu.
"Banyak juga orang yang berkunjung dan membaca artikel blog aku ini" pikirku dalam hati.
Utak-atik sana-sini, kemudian aku tertuju ke bagian pengaturan template. Entah mengapa aku mulai sadar bahwa ternyata dulu sebegitu alaynya. Aneh betul diriku yang dulu, haha tampilan template ala kadar hasil searching berjam-jam ternyata begitu menggelitik ketika aku melihatnya saat itu.

Entah bisikan apa yang mengisyaratkanku untuk sesegera mungkin untuk mengubah tampilan blog itu. dengan berbagai pertimbangan baik dan buruknya, akhirnya aku putuskan untuk membiarkan saja blogku yang pertama itu. Lalu aku memutuskan untuk membuka lembaran dengan membuat blog baru yang mana artikel ini terposting dan saat ini sedang kamu lihat.

daftar blog di blogger - faizalhusaeni.com

Blog baru tercipta tidak sampai 2 menit lamanya. Kemudian aku kembali berpikir untuk menentukan template apa yang bagus untuk blog ini. Seperti biasa aku sarching di mbah google. Hingga sampailah aku sejenak singgah di blog mas Sugeng. Siapa yang tidak mengenal beliau? jagat blog sepertinya sudah akrab dengan nama beliau. Ia bisa dikatakan salah satu sepuh dalam dunia blog, sudah banyak artikel seputar blogging yang ia buat dan nangkring halaman pertama pencarian google. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh siapa siapa mas Sugeng, silahkan berkunjung ke blognya www.sugeng.id.

Di blog mas Sugeng itulah aku melihat template yang beliau tawarkan. Template yang sebenarnya tidak sesuai dengan kata hati saya. Alasannya karena tampilannya tidak sesuai dengan gaya aku. Tapi, pikiran itu hilang sampai pada kemudian aku membaca komentar-komentar ulasan positif dari blogger lainnya yang hampir 90% menyukai template buatannya, karena memang template yang mas sugeng buat sesuai dengan aturan blog yang mantap agar bisa di terima google adsense.

Yups.. Google Adsense (GA) yang menjadikan aku semangat kembali untuk menulis. Kata para mastah blogger sih, kita bisa dapat uang dari google adsense ini. untuk pembahasan mengenai google adsense lebih detail, nanti aku bahas di postingan lainnya.

Membaca komentar ulasan dari para pembeli template di mas sugeng, aku akhirnya melihat demo template yang ia tawarkan. Hm menurutku lumayan oke juga templatenya. Singkat cerita tawaran template yang mas sugeng tawarkan saya sepakati dengan membelinya. Bagi aku harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Template sudah dikirimkan oleh mas sugeng melalui email. Saat itu juga template tersebut langsung aku pasang pada blog ini. Terpasang, edit sana-sini dan akhirnya beres.
"tampilan blog sudah oke, kesesuaian agar diterima google adsense sepertinya juga sudah oke, tapi artikel masih nol" pikirku dalam hati."
"ah masa bodo deh, artikel mah bisa dibuat nanti aja, toh yang terpenting adalah menyiapkan dulu rumahnya sampai betul-betul pas dan seminimal mungkin jangan ada pengeditan template lagi" gumamku.
Semua sudah oke. akhirnya saya putuskan untuk menghilangkan embel-embel "blogspot" di belakang nama blog ini. waktu itu, nama blog ini faizalhusaeni.blogspot.com. Iya, sama seperti nama-nama blog lain pada umumnya. Aku pun mulai searching kembali mencari situs paling pas untuk membeli domain (dotcom). Mencari kesana-kemari dari satu situs ke situs lain, akhirnya singgahlah di situs rumahweb. Tidak pikir lama, akhirnya aku putuskan untuk membeli domain (dotcom) di rumahweb.com.

Cukup lama aku mencari tahu dan mempelajari kelebihan dan kekurangan ketika menghilangkan nama blogspot di blog kita dan menggantinya menjadi dotcom. Ternyata banyak kelebihannya dibandingkan dengan kerungannya. Singkat cerita, blog ini pun berhasil berganti nama yang awalnya faizalhusaeni.blogspot.com menjadi faizalhusaeni.com. Alhamdulillah akhirnya cita-cita punya blog dotcom sejak lama terlaksana juga. Dengan percaya diri aku cantumkan nama blog ini di semua media sosial yang aku punya. Tujuannya sih supaya orang-orang pada tau dan supaya orang-orang pada kagum denganku, walaupun selebihnya sih karna pengen pamer aja haha.

Semenjak blog ini menjadi faizalhusaeni.com aku mulai memberikan napas dengan berbagai artikel. Arah jalan blog ini yaitu membahas dunia pendidikan, itu tidak terlepas karna aku bekerja di dunia pendidikan. Sebenarnya tidak hanya artikel dunia pendidikan saja, aku juga tak jarang menulis artikel tentang cerita keseharianku.

Sepuluh artikel sukses aku buat, dan cukup membuat blog ini hidup. Tulisanku sudah ada yang membacanya, meskipun tidak lebih dari 10-20 orang perharinya. Itu berdasarkan yang tertera di tampilan statistik di dashboard blogger.  Lumayanlah untuk ukuran blog yang memang masih baru ini.

Singkat cerita, setelah hari ke hari menulis, aku berhenti beberapa bulan. Kenapa? karena timbul rasa bosan dalam hati. Iya, aku bosan gini-gini mulu, nulis rajin tapi yang baca artikel cuma belasan dan kadang hanya lima pembaca. Karna sudah kepalang jenuh, aku putuskan untuk mengajukan diri menjadi bagian dari google. Iya aku mendaftarkan blog ini ke google adsense.

Sehari tak ada kabar, seminggu tak kunjung ada balasan dari google apakah permintaan bergabung di google adsense diterima atau tidak, akhirnya aku tinggalkan blog ini.

google adsense - faizalhusaeni.com Pengalaman diterima google adsense blog faizal husaeni

Sampai akhirnya, pada suatu pagi aku menerima sepucuk harapan yang sudah layu berupa balasan email dari google adsense bahwa blog faizalhusaeni.com diterima sepenuhnya oleh google adsense. Senang bukan main membaca balasan email tersebut. Sampai aku mengeluarkan senyum lebar yang selama ini aku tak nampakkan.

Dan semenjak saat itu, aku konsisten memposting artikel setiap hari. Tak jarang, kadang dua hingga tiga postingan dalam satu hari. Itulah pengalaman diterima google adsense blog faizal husaeni. Lantas apakah pengunjung atau pembaca artikel di blog ini meningkat setelah diterima google adsense? Apakah blog faizal husaeni sudah menghasilkan rupiah? Apakah artikel di blog faizal husaeni sukses mencapai halaman pertama pencarian google? Apakah blog faizal husaeni sudah terkenal seperti blog mas Sugeng?

(bersambung)

0 Response to "Pengalaman diterima google adsense blog faizal husaeni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel