-->

Pengertian Kesulitan Belajar

pengertian kesulitan belajar-difficulty learning-faizalhusaeni.com

Pengertian kesulitan belajar - Dalam proses pembelajaran di sekolah, aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar. Masalah kesulitan belajar ini sudah merupakan masalah umum yang terjadi dalam proses pembelajaran.

Banyak ahli yang mengemukakan definisi kesulitan belajar. Salah satunya definisi kesulitan belajar (learning disability) yang dikemukakan oleh The United States Office of Education (USOE) pada tahun 1977 hampir identik dengan definisi yang dikemukakan oleh The National Advisory Committee on Handicapped Children pada tahun 1967, sebagaimana yang dikutip oleh Hallahan, Kauffman, dan Lloyd, yaitu sebagai berikut:
Kesulitan belajar khusus adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran atau tulisan. Gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja, atau menghitung. Batasan tersebut mencakup kondisi-kondisi seperti ganggguan perseptual, luka pada otak, disleksia, dan afasia perkembangan. Batasan tersebut tidak mencakup anak-anak yang memiliki problema belajar yang penyebab utamanya berasal dari adanya hambatan dalam penglihatan, pendengaran, atau motorik, hambatan karena tuna grahita, karena gangguan emosional, atau karena kemiskinan lingkungan, budaya atau ekonomi.
 Di Indonesia memang belum ada definisi yang baku mengenai kesulitan belajar ini. Biasanya seorang guru akan menganggap siswa-siswi yang memiliki prestasi belajar yang rendah sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar. Namun, ada definisi kesulitan belajar sebagaimana yang dikutip oleh Lovitt yang sepertinya dapat diadopsi dalam dunia pendidikan kita, yakni:

  • Kesulitan belajar khusus adalah suatu kondisi kronis yang diduga bersumber pada neurologis yang secara selektif mengganggu perkembangan, integrasi, dan/atau kemampuan verbal dan/atau nonverbal.
  • Kesulitan belajar khusus tampil sebagai suatu kondisi ketidakmampuan yang nyata pada orang-orang yang memiliki intelegensi rata-rata hingga superior, yang memiliki sistem sensoris yang cukup, dan kesempatan untuk belajar yang cukup pula.
  • Kesulitan belajar khusus ini dapat bervariasi dalam bentuk dan tingkatannya, yang dapat berpengaruh terhadap harga diri, pendidikan, pekerjaan, sosialisasi, dan/atau aktivitas kehidupannya sehari-hari.
Realitanya kesulitan belajar siswa di sekolah bermacam-macam, baik dalam hal menerima pelajaran, menyerap pelajaran, atau kedua-duanya. Setiap siswa pada prinsipnya mempunyai hak untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Namun, pada kenyataannya, jelaslah bahwa siswa-siswi tersebut memiliki perbedaan, baik dalam kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan, maupun pendekatan belajar yang digunakan.

Itu artinya setiap siswa memang tidak ada yang sama. Perbedaan individual tersebutlah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar setiap siswa. Dengan demikian, kondisi di mana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, baik dalam menerima maupun menyerap pelajaran, inilah yang disebut dengan kesulitan belajar.

Dengan kata lain, pengertian kesulitan belajar adalah suatu kejadian atau peristiwa yang menunjukkan bahwa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan ada sejumlah siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai secara tuntas bahan atau materi pelajaran yang diberikan.

0 Response to "Pengertian Kesulitan Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel