-->

The Power of Seribu Rupiah

The Power of Seribu Rupiah-faizalhusaeni.com-faizal husaeni

The Power of Seribu Rupiah - Seberapa berharganya uang seribu rupiah bagimu? sudikah kamu menyelipkan selembar atau koin uang seribu rupiah di dompetmu? sebagian besar kamu, bahkan memilih untuk menyimpannya di saku terdalam celanamu. Iya, sepertinya di tahun 2019 ini kita jarang menemui uang seribu rupiah dalam bentuk uang kertas. kalau dalam bentuk koin, mungkin masih sering kita temui. Iya, kebanyakan uang seribu rupiah saat ini dalam bentuk koin.

Sesuai judul pada postingan, yaitu "The Power of Seribu Rupiah". Kali ini saya akan berbagi kegelisahan seputar uang pecahan seribu rupiah ini.

Apa yang terlintas dipikiran kalian ketika disodorkan uang pecahan seribu rupiah di hadapanmu? pasti, yang terlintas adalah, uang lusuh, penuh derita corat-coret, kincringan. Lantas kalau uang seribu rupiah di mall bisa untuk apa saja? pasti kamu akan bingung menjawabnya, bahkan untuk membayar parkir pun rasanya masih kurang. Diberikan ke pengemis dan pengamen? yaps, mungkin kalau ngasih ke pengemis dan pengamen rasanya masih wajar kali ya, itu pun kadang doi masih suka menggerutu kalau kita kasih seribu rupiah.

Lalu dibelanjakan di warung bisa dapet apa? palingan juga dapet permen 4 bungkus, dapet 2 buah air mineral kemasan gelas. Oh iya, kalau beli rokok sebatang masih bisakah ? hm, saya pun tidak tahu, karena saya bukan perokok.

Kemudian, pernahkah kamu nggak dapet kembalian seribu rupiah ketika jajan di warung atau minimarket? jawabannya pasti pernah dong. Biasanya si penjaga warung atau minimarket bakal bilang,
"yah mas gak ada kembalian seribunya nih, diganti permen aja ya?".
atau ketika kamu bayar parkir yang nominalnya 3000 rupiah, sedangkan kamu menyodorkan uang 4000 rupiah. pasti jawaban mbak atau masnya begini,
"ada uang seribu nggak mbak? kebetulan lagi gak ada uang seribuan".
Nah loh, kan males banget kalau udah denger kalimat itu, apalagi kalau emang kita juga lagi gak ada uang seribuan. Alhasil dengan berat hati, kita harus merelakan uang seribu tersebut. "Halah, pelit amat dah, seribu doang ini". Iya sih, cuma seribu. Tapi kan seribu juga lumayan kan.

Mari sejenak kita renungkan. Betapa sedihnya si uang seribu seumpama ia adalah manusia. Sungguh hina sekali ia di kehidupan ini, dikucilkan, dijauhi dan seringkali diabaikan. Dulu, mungkin uang pecahan seribu rupiah begitu berharga, terutama bagi saya ketika masih Sekolah Dasar (SD). Iya, saya SD tahun 2000an, yang mana pada masa itu, dengan uang seribu rupiah saya sudah bisa membeli es teh manis dan dua buah gorengan. Oh sungguh nikmatnya masa-masa itu. Uang pecahan seribu rupiah riwayatmu kini sungguh memperihatinkan.

dua ribu rupiah-the power of seribu rupiah-faizalhusaeni.com-faizal husaeni

Iya itu semua berawal semenjak pecahan dua ribu rupiah menyerang. Sejak beredarnya uang pecahan dua ribu rupiah tersebut, saat itu juga peran serta uang pecahan seribu rupiah menjadi dikesampingkan.

Beda nominal beda pula nasibnya bila dibandingkan dengan kawannya si uang pecahan dua ribu rupiah, ia kini sudah menguasai hampir semua kalangan, mulai dari tukang parkir, pak ogah persimpangan jalan, gepeng, penjual jajanan di SD, pedagang di warung-warung dan tentu di dalam kotak amal. Realitanya, kini pecahan terkecil di mata masyarakat Indonesia adalah pecahan seribu rupiah, baik itu bentuk kertas maupun koin.

Akhirnya, semua uang dalam bentuk pecahan besar sampai yang terkecil, semua adalah milik kita sebagai warga masyarakat Indonesia. Semua saling melengkapi dan berkesinambungan satu sama lain. 1 miliar pun akan kehilangan gelarnya, kalau kita ambil seribu rupiah darinya. Karena bagaimana pun juga, hal kecil dapat mengubah sesuatu yang besar menjadi tidak sempurna.

berbagi-the-power-of-seribu-rupiah-faizalhusaeni.com-faizal husaeni
Hikmahnya adalah "Mari kita berbagi, walaupun hanya seribu rupiah. Biar kecil yang penting ikhlas". Belajarlah dari uang pecahan seribu rupiah. Karena ia selalu hilir mudik di dalam kotak amal. Berbeda dengan uang pecahan 100 ribu rupiah, yang mana ia jarang sekali terlihat di dalam kotak amal.
Kamu ingin berbagi pengalaman seputar uang pecahan seribu rupiah? Silahkan berbagi di kolom komentar. semoga ada manfaat yang bisa kamu ambil dari postingan "The Power of Seribu Rupiah".

0 Response to "The Power of Seribu Rupiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel