-->

Tips sebelum nyoblos tanggal 17 April 2019

Pilpres 2019: Tips sebelum nyoblos tanggal 17 April - 17 April 2019 adalah pesta demokrasi lima tahunan bagi rakyat Indonesia. Di mana semua orang yang sudah punya hak pilih, menentukan wakil rakyat yang akan memimpin rakyatnya untuk lima tahun lamanya.

Tips sebelum nyoblos tanggal 17 April 2019 faizalhusaeni.com faizal husaeni

Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah disediakan di masing-masing daerah, surat pemberitahuan pemungutan suara (c6) sudah disebarkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Alat peraga kampanye pun sudah disterilkan. Itu artinya tiga hari lagi (sejak tulisan ini diposting) kita rakyat Indonesia akan menyoblos di masing-masing TPS. Berikut ini tips sebelum nyoblos tanggal 17 April 2019 versi faizal husaeni.

  • Mandi

Sempatkan diri kamu untuk mandi terlebih dahulu sebelum berangkat nyoblos. Alasannya supaya badan segar dan menyamarkan bau tidak sedap yang mungkin saja bisa mengganggu pemilih lainnya di TPS.

  • Sarapan

"Minum makanan bergizi, nyarap dulu tiap hari". Menurut survey, ternyata sarapan sebelum melakukan aktivitas bisa membuat kamu bertenaga. Tidak usah yang mewah-mewah, minum segelas air hangat saja udah cukup. Lebih oke lagi, kalau dipadukan dengan sepiring nasi uduk beserta lauk pauknya.

  • Pakai parfum atau minyak wangi

"Wangi itu penting" sebuah kalimat pamungkas dari teman saya yang bernama Bambang. Iya Bambang ini teman saya sewaktu kuliah dulu, doi dijuluki "si tampan raja minyak dari Medan". Tidak heran karena ia tiap hari selalu gonta-ganti minyak wangi, mulai dari minyak marebuan sampe minyak tusanrebu udah pernah dicobanya.

Kembali ke topik, Pakai parfum atay minyak wangi sebelum ke tps bertujuan agar kamu makin fresh dan beraroma menenangkan ketika bertemu mas/mbak yang bertugas di tps. Siapa tau aja mas/mbaknya jadi kesemsen sama kamu gara-gara cium aroma parfum mantap yang kamu pake.

  • Kenakan kaos, kemeja, batik, atau mungkin koko

Pakailah pakaian terbaik yang kamu punya untuk dikenakan ketika ke tps tanggal 17 April 2019. Kenapa harus terbaik? karena pakaianmu mencerminkan kepribadian dan jenis kelaminmu. Pakai kaos boleh-boleh saja, asal jangan kaos partai, takutnya nanti kamu disangka anuan.

Pakai kemeja atau batik, itu lebih baik, selain kamu terlihat lebih wibawa kamu juga sudah melestarikan budaya Indonesia. Pakai koko lebih berfaedah, apalagi kalau ditambah kopiah atau peci, hm kamu makin kece dan adem diliatnya.

  • Sepatu oke, sendal lebih mantap!

Kamu mau pakai sepatu atau sendal, itu kebebasanmu dalam memilih. merk dan berapapun harganya, itu bukan masalah. Toh pakai alas kaki bertujuan agar kamu terhindar dari duri, paku, beling dan sejenisnya di jalanan. Jadi sebisa mungkin, kamu harus melindungi kaki kamu dari ancaman tadi.

Fungsi lain pakai sepatu atau sendal adalah sebagai pemantas agar kamu indah dipandang orang. apalagi syukur-syukur kamu punya yang baru. Asalkan kamu jangan nyeker aja ke tps. Selain malu, kamu akan ditertawakan mantanmu nantinya.

  • Tentukan berangkat ke TPS bareng siapa

Pergi ke TPS berdua bareng pasangan, bertiga bareng ayah ibu, atau berlima sambil gendong cucu lebih seru, bahkan sendiripun hayu. Ya silahkan saja tinggal berkaca, ada diposisi manakah kamu. Lagipula itu adalah kebebasanmu. Yang fatal adalah, jangan sampai kamu tidak berangkat nyoblos dikarenakan tidak ada teman berangkat. Apalagi kalau alasannya males ketemu si doi sang mantan yang jadi petugas di tps, hm sungguh terlalu.

Kita sebagai warga negara yang menjunjung tinggi nilai demokrasi, sudah sepantasnya untuk bersikap mandiri. mandiri untuk tetap sendiri, mandiri untuk tetap berdiri. Berdiri menerima kenyataan bahwa kamu ya memang harus berangkat ke tps sendiri. Berdoa saja agar di pilpres 5 tahun mendatang kamu sudah tidak sendiri lagi.

  • Usahakan datang pagi atau lebih awal

"Datang ke tps lebih awal itu lebih baik dari pada telat datang bulan" itu kata-kata yang diucapkan teman saya vanesa 5 tahun lalu pada pilpres 2014. Datang lebih awal membuat otak kamu lebih fresh dalam mencoblos, usahakan coblosan yang kamu buat lubangnya presisi dan akurat, jangan sampai salah pilih apalagi dicoblos berkali-kali. Selain kamu dinyatakan golput, kamu juga sudah menyia-nyiakan waktu dan kesempatan besar ini. 

Datang lebih pagi juga menghindari kamu dari teriknya matahari di tanggal 17 April 2019. Karna bisa dipastikan tanggal tersebut bakal lebih panas dibanding hari-hari sebelumnya. Kalau kamu datang siang, biasanya kamu bakal terjebak antrian panjang abg-abg manja pemilih pemula.

  • Bawa uang boleh, nggak juga no problem

Orang bilang, tanggal 17 setiap bulannya adalah tanggal-tanggal dimana uang gajian sudah mulai menipis, apalagi kalau kebutuhan harian dan tagihan kreditmu banyak. Meskipun itu hanya berlaku bagi segelintir orang saja. Jadi intinya usahakan kamu bawa uang secukupnya, tujuannya supaya kamu tidak boros dalam jajan di warung dekat tps.

Lagi pula nyoblos itu gak harus bayar alias gratis. Jadi ke TPS bawa uang secukupnya, atau tidak juga tak mengapa. Jujur, saya malah tidak pernah membawa uang sama sekali tuh pas ke TPS.

Kesimpulannya, silahkan gunakan hak pilihmu sebaik mungkin, pikirkan matang-matang sebelum paku yang kau genggam di dalam bilik nanti, tercoblos ke salah satu pasangan calon wakil rakyat. Pilihlah pasangan sesuai hati nurani dan jangan sampai golput. Karena apapun pilihan yang dihadapkan, itulah takdir yang sudah digariskan oleh-Nya. Selalu awali dengan bismillah dan akhiri dengan alhamdulillah.

Itulah beberapa tips sebelum berangkat ke TPS saat nyoblos 17 April 2019 versi faizal husaeni. Mungkin ada tips unik lainnya dari kamu. silahkan berbagi di kolom komentar.
Ingat Jangan golput!!!

0 Response to "Tips sebelum nyoblos tanggal 17 April 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel