-->

Tokoh Pahlawan Agus Salim

K H Agus Salim-tokoh pahlawan-faizalhusaeni.com-faizal husaeni.jpg

Agus Salim lahir pada tanggal 8 Oktober 1884 di Kota Gadang, Sumatera Barat. Agus Salim adalah Masyhudul Haq yang dikenal dengan Haji Agus Salim. Agus Salim pernah bekerja sebagai penerjemah dan notaris. Bahkan pada tahun 1906-1911 pernah menjadi Pegawai Konsulat Belanda di Jeddah. Disana Agus Salim mendalami soal agama islam dan masalah diplomasi.

Rekam jejak Agus Salim dalam Pergerakan Nasional dapat dilihat dalam aktivitasnya di Sarekat Islam (SI). Di organisasi itu, ia berperan sebagai salah seorang Pengurus Pusat. Ketika SI dipengaruhi komunis, ia dengan keras melakukan tindakan penegakan disiplin partai dengan mengeluarkan orang-orang yang telah terpengaruh dengan paham komunis. SI yang kemudian menjadi Partai Syarikat Islam (PSI), kelak dipimpinnya, menggantikan HOS Cokroaminoto yang meninggal dunia pada tahun 1934.

Riwaya karir diplomatik Agus Salim, diantaranya sebagai penasihat teknis delegasi Serikat Buruh Negeri Belanda ke Konperensi Kaum Buruh Internasional di Jenewa, Swiss pada tahun 1929. Di situ Agus Salim berpidato secara mengagumkan dalam bahasa Perancis, salah satu dari 9 bahasa yang dikuasainya. Bahasa lain yang dikuasainya adalah bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, Turki, Arab dan Jepang.

Selain pengalaman sebagai diplomat, Agus Salim pernah pula memimpin beberapa surat kabar. Melalui ranah pers tersebut, Agus Salim mencurahkan pemikiran dan paham politiknya. Perjalanan karir politik Agus Salim terlihat antara lain sebagai anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA), Menteri Muda Luar Negeri pada Kabinet Syahrir I dan II, dan menjadi Menteri Luar Negeri pada Kabinet Hatta. Tokoh diplomat ulung Indonesia ini pernah ditangkap dan diasingkan oleh Belanda pada saat Agresi Militer II Belanda. Agus Salim meninggal dunia pada 4 November 1954 di Jakarta.

Agus Salim dianugerahkan sebagai tokoh pejuang dan pahlawan Pergerakan Nasional yang diberikan berdasarkan Surat Keputusan Pemerintah RI No.657/1961 pada tanggal 27 Desember 1961.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Agus Salim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel