Tokoh Pahlawan Christina Martha Tiahahu

christina martha tiahahu tokoh pahlawan - faizalhusaeni.com faizal husaeni

Christina Martha Tiahahu merupakan Mutiara dari Timur Indonesia, yang lahir di Pulau Nusa Laut Maluku pada tanggal 4 Januari 1800. Sejak kecil, Christina Martha Tiahahu sudah terlibat dalam perjuangan melawan penjajah Belanda yang mengeksploitasi kekayaan alam daerahnya. Christina Martha Tiahahu terlahir dari keluarga pejuang. Ayahnya, Kapitan Paulus Tiahahu telah berjuang melawan kolonial Belanda dan bergabung dengan Pattimura (Pahlawan Nasional dari Maluku) ketika penduduk Maluku serentak bergolak melawan penjajah Belanda pada tahun 1817. Dalam perjuangannya, Kapitan Paulus tertangkap, kemudian dihukum mati oleh penjajah Belanda.

Kematian ayahnya, sama sekali tidak membuat Christina takut dan gentar. Memang sejak kecil Christina Martha Tiahahu senantiasa ikut menyandang bedil dan berjuang bersama ayahnya di Nusa Laut. Justru kematian ayahnya itu semakin memperkuat tekad Christina untuk melanjutkan perjuangan ayahnya. Christina Martha Tiahahu kemudian tampil menggantikan ayahnya dalam memimpin rakyat Maluku melawan kesewenang-wenangan Belanda.

Namun keterbatasan persenjataan dan perbekalan menyebabkan perlawanan Christina Martha Tiahahu dapat dipatahkan oleh Belanda. Di usia yang terbilang masih sangat muda, Christina Martha Tiahahu ditangkap dan dibuang ke Pulau Jawa. Dalam perjalanan laut ke Pulau Jawa, Christina Martha Tiahahu enggan makan dan minum. Lama kelamaan kondisinya semakin melemah. Christina Martha Tiahahu meninggal dunia pada tanggal 2 Januari 1818. Jenazahnya kemudian dibuang ke laut di anatara Pulau Buru dan Pulau Tiga.

Sifat Christina Martha Tiahahu yang pemberani, pantang menyerah, dan konsisten dengan perjuangannya patutlah menjadi contoh dan teladan bagi generasi mudah sekarang ini. Atas perjuangannya itu, pemerintah kemudian menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada Christina Martha Tiahahu dengan Surat Keputusan Presiden RI No.012/TK/1969 tanggal 20 Mei 1969.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Christina Martha Tiahahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel