-->

Tokoh Pahlawan Cut Nyak Dien

tokoh pahlawan cut nyak meutia - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Cut Nyak Dien adalah pejuang wanita pemberani yang menyumbangkan hampir seluruh hidupnya untuk mengusir penjajah Belanda dari tanah rencong. Srikandi ini lahir dari keluarga pejuang pada tahun 1850 di Lampadang, Aceh Besar.

Cut Nyak Dien adalah putri seorang komandan perang Aceh, Nanta Nastia. Sejak kecil sudah kerap menyaksikan ayahnya menggembleng para pemuda agar menjadi tangguh dan berani disamping juga memiliki berbagai ilmu tentang bela diri. Karenanya, sejak kecil Cut Nyak Dien sudah masuk dalam kelompok perlawanan terhadap penjajah Belanda, meski secara langsung dia baru terlibat dalam perang Aceh pada tahun 1873.

Cut Nyak Dien yang cantik dan pintar menikah pada usia yang sangat dini, yaitu pada usia 10 tahun. Cut Nyak Dien menikah dengan Teuku Ibrahim Lamagna yang juga seorang pejuang Aceh.

Perkawinan Cut Nyak Dien dengan Teuku Ibrahim Lamagna membutuhkan pengorbanan yang besar. Ibrahim kerap menghabiskan waktunya di medan perang. Perkawinan itu bahkan tidak berlanjut karena pada suatu pertempuran besar dengan Belanda Teuku Ibrahim Lamagna terbunuh.

Lalu Cut Nyak Dien menikah dengan Teuku Umar, pejuang Aceh yang terkenal. Namun perkawinan inipun harus diakhiri dengan kematian Teuku Umar pada tahun 1899. Setelah kematian Teuku Umar suaminya, Cut Nyak Dien mengambil alih komando dan melanjutkan perang. Cut Nyak Dien mengobarkan semangat perjuangan kedua suaminya melalui pidatonya di masjid-masjid dengan mengajak masyarakat untuk ikut berjuang.

Perang yang berkepanjangan menyebabkan kesehatan Dien menurun. Cut Nyak Dien menderita penyakit yang serius. Karena iba melihat penderitaan Dien, pembantunya Pang Laot membuat perjanjian dengan Belanda. Ia menyatakan hendak mengalah, Jika Belanda tidak menyakitinya. Akhirnya Belanda menangkapnya pada tanggal 6 November 1908, Cut Nyak Dien meninggal di pengasingan di Sumedang, Jawa Barat. Semangat pantas menjadi teladan bagi generasi perempuan Indonesia saati ini.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Cut Nyak Dien"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel