-->

Tokoh Pahlawan Kapitan Pattimura

tokoh pahlawan kapitan pattimura - faizalhusaeni.com - faizal husaeni

Kapitan Pattimura atau dikenal dengan Thomas Matulessy dilahirkan pada tahun 1783 di Ambon. Kapitan Pattimura dulu pernah memasuki dinas militer Inggris dengan pangkat Sersan. Salah satu bukti perlawanan Kapitan Pattimura adalah ketika ia bersama rakyat Maluku berhasil merebut Benteng Duursterde pada tanggal 16 Mei 1817. Penyerbuan itu dilakukan pada malam hari 14 Mei 1817. Ketika itu, Residen Van den Berg bersama istri dan dua orang anaknya tewas.

Benteng tersebut berhasil diduduki selama tiga bulan. Namun Belanda merebutnya kembali, setelah Laksamana Muda Buyskes mengirimkan pasukan besar-besaran. Kapitan Pattimura terkenal gigih dalam menentang Kolonial Belanda yang sangat licik dan menguras kekayaan rakyat Maluku. Bahkan perjuangannya masih diteruskan meski ia berada di luar Ambon. Di Palu, ia bersama pasukannya berhasil merebut Benteng Hoorn dan menewaskan seluruh prajurit Belanda yang ada di benteng tersebut.

Pada akhirnya, Pattimura ditangkap di Siri Sori pada 16 Desember 1817. Kepandaian, kegigihan, dan sikap pantang menyerah merupakan kombinasi yang terbukti membuat Belanda kerepotan. Kombinasi sikap ini sepatutnya dimiliki oleh generasi muda saat ini dalam menghadapi kesulitan.

Kapitan Pattimura dihukum gantung oleh Kolonial Belanda pada tanggal 16 Desember 1817. Namun sejarah mencatatnya sebagai tokoh pahlawan perjuangan kemerdekaan yang gigih dan tidak mengenal kompromi dengan bujukan kerja sama dengan Belanda yang sangat licik.

Berkat jasanya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 087/TK.1973 pada tanggal 6 November 1973, Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan untuk Kapitan Pattimura.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Kapitan Pattimura"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel