-->

Tokoh Pahlawan: Soetomo

dr.sutomo-faizalhusaeni.com faizal husaeni.jpg
Dr Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888 di Desa Ngepeh, Jawa Timur. Dr Soetomo adalah tokoh yang turut mendirikan organisasi modern pertama di Indonesia, yaitu Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo lahir karena Dr. Soetomo kala itu mengajak para pelajar STOVIA untuk membentuk suatu organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan bangsa dan meninggikan martabat bangsa.

Dr Soetomo menamatkan pendidikannya di STOVIA (Sekolah Dokter Bumi Putera) tahun 1911. Pada tahun 1919, Dr Soetomo memperdalam ilmunya di Eropa, yaitu ke Negeri Belanda, Jerman dan Austria. Dr Soetomo menjadi anggota Indische Vereniging (Perhimpunan Indonesia) ketika sekolah di Belanda. Dr Soetomo pula yang mengusulkan agar organisasi Budi Utomo terjun ke kancah politik, dan anggotanya terbuka untuk seluruh rakyat Indonesia.

Pada tahun 1924, ia mendirikan Indonesische Studie Club (ISC), di mana pada tahun yang sama, Perserikatan Komunis Hindia, berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). ISC mendirikan asrama, sekolah tenun, bank kredit, dan juga tahun 1931, ISC berganti nama menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI). Dr Soetomo menggabungkan Budi Utomo dan PBI menjadi Partai Indonesia Raya (Parindra) pada tahun 1935.

Dr Soetomo meninggal dunia pada tanggal 30 Mei 1938 di Surabaya. Atas dedikasinya, Dr Soetomo dianugerahkan gelar Pahlawan Pergerakan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 657/1961 pada tanggal 27 Desember 1961. Dr Soetomo semasa hidup juga aktif di dunia kewartawanan, bahkan Dr Soetomo sempat menjadi pimpinan beberapa surat kabar.

0 Response to "Tokoh Pahlawan: Soetomo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel