-->

Tokoh Pahlawan Wilheminus Zakharias Yohannes

tokoh pahlawan-Wilheminus Zakharias Yohannes-faizalhusaeni.com faizal husaeni

Wilheminus Zakharias Yohannes lahir di pulau Rote, Nusa Tenggara Timur pada tahun 1895. Pendidikannya dimulai di HIS (Sekolah Dasar berbahasa Belanda) yang diselesaikan hanya dalam lima tahun, dari lama belajar di HIS selama tujuh tahun. Wilheminus Zakharias Yohannes kemudian melanjutkan sekolah ke STOVIA (Sekolah Dokter). Ia mendalami ilmu kedokteran bidang radiologi. Ia kemudian dikenal sebagai Bapak Radiologi Indonesia.

Kemudian pada tahun 1930 ketika bertugas sebagai Dokter di Palembang, ia mengalami musibah penyakit lumpuh. Namun selama menjalani masa perawatan, semangat belajarnya tidak pernah padam. Ia mendalami masalah rontgen, karena yakin penyakit lumpuhnya dapat disembuhkan melalui pengobatan rontgen, sehingga ia pun mendapatkan gelar Doktor karena dedikasinya yang tinggi di bidangnya itu.

Selain aktif di bidang kedokteran, Wilheminus Zakharias Yohannes juga terjun dalam kegiatan pergerakan nasional melalui Organisasi Keimanan. Di masa pergerakan nasional, dia duduk sebagai penasehat Badan Persiapan Persatuan Kristen yang kemudian menjelma menjadi PARKINDO.

Semasa perang kemerdekaan RI, Wilheminus Zakharias Yohannes duduk sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang merupakan lembaga legislatif. Pada tahun 1950, Wilheminus Zakharias Yohannes menjadi Rektor Universitas Indonesia sambil merangkap sebagai Ketua Bagian Rontgen RSUP Cipto Mangun Kusumo, Jakarta.

Pada tanggal 4 September 1952, Wilheminus Zakharias Yohannes meninggal dunia di Denhaag, Belanda. Jenazahnya dibawa ke Jakarta dan dimakamkan di kota yang sama. Atas jasa-jasa dan pengabdiannya tersebut, pemerintah Indonesia menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional pada tanggal 9 November 1991.

0 Response to "Tokoh Pahlawan Wilheminus Zakharias Yohannes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel