-->

11 Kebiasaan yang dapat merusak otak

Otak merupakan organ paling vital bagi manusi. Sudah seharusnya kita menjaga serta meminimalisir dari kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan setiap harinya. Apa saja kebiasaan yang dapat merusak otak itu? Ada 11 kebiasaan yang dapat merusak otak yaitu tidak sarapan, makan berlebihan, konsumsi gula berlebihan, merokok, menghirup polusi udara, memaksa bekerja ketika sakit, kurang berpikir, kurang tidur, tidur berlebi, menutup kepala ketika tidur, kurang berbicara atau komunikasi.

Otak merupakan organ paling vital bagi manusi. Sudah seharusnya kita menjaga serta meminimalisir dari kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan setiap harinya. Apa saja kebiasaan yang dapat merusak otak itu? Ada 11 kebiasaan yang dapat merusak otak yaitu tidak sarapan, makan berlebihan, konsumsi gula berlebihan, merokok, menghirup polusi udara, memaksa bekerja ketika sakit, kurang berpikir, kurang tidur, tidur berlebi, menutup kepala ketika tidur, kurang berbicara atau komunikasi. Inilah 11 kebiasaan yang dapat merusak otak untuk lebih jelasnya.

1. Tidak Sarapan
Sarapan sangat penting bagi kesehatan otak. Kurangnya asupan nutrisi di pagi hari dapat menyebabkan kurangnya asupan nutrisi ke otak, sehingga otak tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Kebiasaan tidak sarapan pagi lama-kelamaan dapat mengakibatkan kemunduran kerja otak. Oleh karena itu, sarapanlah walau hanya sesuap nasi.

2. Makan Berlebihan atau terlalu banyak
Terlalu banyak makan juga tidak baik bagi kesehatan otak. Asupan dan nutrisi yang berlebihan akan membebani kerja otak, dan dapat mengeraskan pembeluh otak yang biasanya akan berakibat pada penurunan kekuatan mental.

3. Konsumsi gula berlebih
Asupan gula yang berlebihan akan menghalangi penyerapan protein dan nutrisi lain, serta terjadi ketidakseimbangan nutrisi di dalam otak. Ketidakseimbangan nutrisi ini dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu dan tidak dapat bekerja secara optimal.

4. Merokok
Bagi kaum laki-laki umumnya merokok sudah menjadi kebiasaan bagi mereka yang sudah kecanduan merokok. Seperti yang sudah diketahui bahwa zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menganggu kelancaran pengangkutan oksigen ke dalam otak. Kurangnya asupan oksigen dalam otak dapat menurunkan kerja otak, dan dapat menjadikan otak mengerut bahkan bisa pula menjadikan otak kehilangan fungsi-fungsinya.

5. Polusi udara
Kerja otak sangatlah ditentukan oleh asupan oksigen ke dalam otak. Udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke dalam otak yang dapat mengakibatkan kerja otak tidak maksimal.

6. Memaksakan bekerja ketika sakit
Ketika sakit adalah saat di mana tubuh kita (termasuk otak) harus beristirahat. Bekerja atau berpikir saat kondisi tubuh tidak memungkinkan akan mengakibatkan berkurangnya efektivitas kerja otak.

7. Kurang berpikir (kurang stimulus otak)
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Otak yang tidak terstimulus dengan baik (jarang digunakan untuk berpikir) dapat mengalami penurunan fungsi, yaitu dapat berakibat pada kerusakan dan bahkan kematian sel-sel otak.

8. Kurang tidur
Tidur merupakan aktivitas yang sangat bagus untuk mengistirahatkan dan memulihkan kemampuan otak. Berkurangnya waktu tidur mengakibatkan otak tidak dapat beristirahat, maka sel-sel otak akan kelelahan yang dapat berakibat terhadap kerusakan.

9. Tidur Berlebihan (terlalu banyak tidur)
Tidur yang berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan otak, karena dapat mengakibatkan sel-sel otak akan mati karena jarang terpakai. Maka dari itu tidur secukupnya, tidak kurang dan tidak juga berlebihan.

10. Menutup kepala saat tidur
Menutup kepala saat tidur akan mengahalangi pengeluaran karbondioksida yang diproduksi oleh tubuh. Akibatnya, karbondioksida akan mencemari oksigen yang menuju otak dan dapat mencemari otak, sehingga lama-kelamaan dapat merusak otak.

11. Kurang atau jarang berkomunikasi
Manusia adalah makhluk sosial dan interaksi dengan sesama sangatlah berpengaruh pada daya kerja otak. Percakapan-percakapan yang anda lakukan (terutama percakapan intelektual) dapat memberikan efek stimulus yang bagus pada otak. Dan pada akhirnya akan meningkatkan kerja otak.

Itulah 11 Kebiasaan yang dapat merusak otak. Mulai sekarang marilah jaga kesehatan tubuh dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan tentunya diiringi dengan berolahraga, khususnya untuk menjaga kesehatan otak kita.

0 Response to "11 Kebiasaan yang dapat merusak otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel