5 Makanan dan minuman yang dapat merusak otak

5 Makanan dan minuman yang dapat merusak otak - faizalhusaeni.com

Makanan dan minuman adalah dua hal yang sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kita makan tiga kali sehari dan minum sesuai dengan kebutuhan tubuh, ada yang minum delapan gelas, dua liter dan bahkan ada yang lebih. Sama halnya seperti makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh kita, otak pun memiliki peran yang begitu besar dalam tubuh manusia.

Otak berperan dan bertanggung jawab terhadap pengaturan dan koordinasi sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh lainnya seperti jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh serta masih banyak lagi. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan emosi, ingatan dan segal bentuk pembelajaran yang kita lakukan.

Otak perlu dijaga dan diberikan nutrisi yang cukuo agar menjadi kuat dan kekar. Beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menjaga otak agar tetap sehat adalah dengan mengatur pola makan yang baik. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak otak manusia. Berikut saya bahas dalam 5 makanan dan minuman yang dapat merusak otak.

1. Sate
Sate sangat digemari oleh semua kalangan dan semua usia. Bagaimana mungkin makanan yang lezat ini nyatanya dapat mengganggu kerja otak manusia? Dalam pembuatannya, sate dibakar dengan menggunakan arang. Zat karbon dari pembakaran arang ini kemudian ikut masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan sel-sel otak sulit untuk berkembang. Selain itu, ternyata sate juga mengandung zat karsinogen penyebab timbulnya kanker. Sangat dianjurkan untuk memakan dan mentimun setelah menyantap sate, alasannya karena mentimun mengandung zat anti karsinogen.

2. Mie instan
Mie instan sangat digemari oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Selain karena praktis dalam penyajiannya, mie instan juga memiliki cita rasa yang nikmat. Namun, dibalik semua kelezatannya terdapat hal tidak sehat. Mulailah dari sekarang untuk membatasi mengonsumsi mie instan ini.

Dibalik kenikmatan dan kelezatannya, tentu mie instan mengandung zat pengawet dan penambah rasa dalam bahan pembuatannya. Yang mana itu semua sangat tidak baik untuk kesehatan dan daya kerja otak kita. Setidaknya, berilah rentang waktu 4 sampai 5 hari dalam mengonsumsinya, dan hindari agar tidak menyantapnya setiap hari.

3. Vitamin C dan kombinasi udang
Jangan sekali-kali mencoba untuk mengonsumsi udang dan vitamin c dalam waktu bersamaan. Kenapa? Karena reaksi dari vitamin c dan udang di dalam tubuh dapa menimbulkan racun arsenik yang dapat mengganggu kerja sel otak kita.

4. Kopi
Boleh saja kita konsumsi kopi sekali-kali. Mengonsumsi kopi terlalu sering juga dapat mengganggu kerja otak. Karena kandungan kafein yang terlalu banyak di dalam darah akan membuat kerja sel otak menjadi lambat. Jika kamu seorang penikmat kopi, dianjurkan agar tidak mengonsumsi kopi lebih dari tiga gelas dalam satu hari.

5. Minuman kemasan botol plastik
Berapa kali dalam sehari kita mengonsumsi minuman dalam kemasan botol plastik? Banyak dari kita yang menggunakan botol bekas air mineral dan botol minuman lainyya sebagai wadah minuman. Ini juga bukanlah suatu kebiasaan yang baik untuk kesehatan kita. Karena bahan botol plastik tersebut mengandung zat karsinogen yang dapat merusak otak. Meskipun dampaknya tidak terasa dalam waktu dekat, namun akan dirasakan belasan tahun kemudian.

Botol plastik hanya aman untuk dipakai 1-3 saja, Jikalau terlalu sering dipakai, dan cucui, lapisan plastik dapat rusak dan zat karsinogen tersebut lambat laun dapat masuk ke dalam air yang kemudian kita minum.

Itulah 5 Makanan dan minuman yang dapat merusak otak kita. Lalu apakah kita masih mau mengonsumsi makanan dan minuman tersebut setiap hari? Sepertinya kamu akan mulai membatasi makanan dan minuman apa saja yang mesti dikonsumsi setiap harinya. Semoga kita semua dapat terhindar dari segala macam penyakit yang mungkin saja akan menyerang tubuh kita.

0 Response to "5 Makanan dan minuman yang dapat merusak otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel