-->

Macam-macam media pembelajaran

macam-macam media pembelajaran-faizalhusaeni.com

Macam-macam media pembelajaran - Pada postingan sebelum-sebelumnya, sudah diposting tentang apa itu pengertian media pembelajaran. Nah pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai media pembelajaran. Umumnya media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok tergantung dari kriteria klasifikasinya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh klasifikasi media pembelajaran.

1. Ditinjau dari sifatnya; media pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

  • Media audio, adalah media yang hanya dapat didengarkan saja atau media yang hanya memiliki unsur suara seperti radio dan rekaman suara.
  • Media visual, adalah media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara seperti foto, slide film, lukisan, peta, gambar-gambar, dan sebagainya.
  • Media audio-visual adalah jenis media yang mengandung unsur gambar dan suara, seperti rekaman video, film, slide suara dan sebagainya. Dan umumnya media audio-visual banyak yang menyukai dan dianggap lebih menarik dibandingkan media audio dan media visual, karena mengandung unsur gambar dan suara, sehingga dapat mengaktifkan indra penglihatan dan pendengaran sekaligus.

2. Ditinjau dari kemampuan jangkauannya, media dapat diklasifikasikan sebagai berikut ini.


  • Media memiliki daya jangkau yang luas dan serentak, seperti radio dan televisi. Pemanfaatan media ini memungkinkan semua siswa untuk dapat mempelajari hal-hal atau kejadian yang aktual secara bersamaan tanpa harus menggunakan ruangan khusus dan tertentu.
  • Media yang mempunyai daya jangkau yang terbatas oleh ruang dan waktu seperti video dan lainnya.

3. Ditinjau dari cara atau teknik pemakaiannya, media dapat diklasifikasikan sebagai berikut ini.

  • Media yang diproyeksikan seperti; film, video, transparansi, slide dan sebagainya. Media ini memerlukan alat proyeksi khusus seperti film projector, slide projector, liquid crystal display (lcd) dan overhead projector (OHP). Tanpa dukungan alat proyeksi tersebut yang sudah disebutkan, media tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan.
  • Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisan, radio, charta dan kolase serta yang lainnya.

Nah itulah ketiga macam media pembelajaran ditinjau dari beberapa hal. Semoga kita semua dapat menyajikan suatu pembelajaran yang baik dengan menyediakan semua media pembelajaran ini.

0 Response to "Macam-macam media pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel