Pengalaman lulus tes CPNS 2020

Pengalaman tes cpns 2019 2020
Alhamdulillah hari ini aku kembali mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tahun ini aku dapat jadwal mengikuti tes pada sesi 4. Tahun kemarin aku belum berhasil melewati ambang batas yang ditetapkan. Dan tahun ini aku berhasil melewati ambang batas tersebut. Meskipun, ada nilai yang pas-pasan. Terlepas dari semua itu, alhamdulillah aku berhasil masuk ke tahap Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Terkadang harapan tidak selalu bersahabat dengan kenyataan. Itulah gambaran pada awal pembuka tulisan ini. Untuk kedua kalinya aku gagal ke tahap selanjutnya pada tes CPNS 2019. Tahun ini banyak betul yang lolos ambang batas (passing grade), itu artinya semakin ketat pula persaingan perolehan skor antar peserta tes CPNS. Dan tepat pada pengumuman hasil tes Seleksi kemampuan Dasar (SKD) pada tanggal 22 Maret 2020 atau tepatnya pada hari Minggu kemarin sejak tulisan ini dibuat, aku gagal masuk 3 besar peringakat pada sekolah yang aku tuju. Aku urutan ke 10 dari 18 peserta yang mengikuti SKD. Perolehan yang cukup baik untuk kemampuan aku saat ini.

Bukan aku namanya kalau menyerah ketika gagal dalam tes. Iya, aku tidak menganggap itu sebagai kegagalan. Melainkan sebuah pengalaman berharga yang akan aku ceritakan kepada muridku  di sekolah, dan juga anak-anakku kelak suatu hari ini. Tentang bagaimana proses panjang dari awal pendaftaran, menunggu antrian panjang sebelum memasuki ruang tes, betapa dinginnya ruangan tes, dagdigdug sebelum mengklik selesai, senyum bahagia lepas peserta ketika memperoleh hasil tes yang memuaskan, mengantri mengambil barang bawaan setelah tes, hingga betapa menyebalkannya petugas penjaga barang bawaan. Jadi, semua yang aku lewati selamat tes CPNS 2019 ini akan ku ingat selalu dalam benak.

Lantas apakah aku sedih? Kecewa? Marah?
Sebagai manusia biasa, iya aku sedih, aku kecewa, aku marah. Tapi itu hanya sepersekian detik saja. Selebihnya aku malah mengucapkan selamat atas pencapaianku karna telah lolos ambang batas. Ya meskipun banyak juga peserta lain yang melewatinya. Ah, peduli amat dengan orang lain. Toh pencapaian orang lain dengan aku tentu saja berbeda. Bagiku, tes CPNS tahun 2019 dengan tes CPNS tahun 2018 adalah proses aku menjadi lebih matang, lah matang gimana maksudnya? Iya matang, agar aku siap tes CPNS tahun 2020 ini dan sukses menjadi PNS tahun 2021 esok. Aku akan terus berusaha memperbaiki diri, mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi untuk melewati langkah demi langkah akan aku temui.


Akhir kata, itulah sekilas cerita yang bisa aku bagikan ke kamu calon Pegawai Negeri Sipil dan pembaca umum. Ambil positifnya, buang negatifnya. Kok judul tulisan dengan isinya beda sih? Biarin aja, aku ini yang nulis. Hehe

Judul tulisan ini biarlah menjadi kenangan abadi yang mungkin saja menjawab rasa penasaranku kelak suatu saat nanti. Aku bukan penulis ulung. Aku hanya seorang guru yang sedikit hobi meluapkan emosi dalam bentuk tulisan. Dari pada aku meluapkan emosi dengan memakan segala macam makanan cepat saji. Kan itu malah bikin aku kembali gemuk dan gendut seperti tahun 2018 kemarin. Btw ngomongin masalah gendut dan apa sekarang aku masih gendut? Ooooh tidak!!! Saat ini aku sudah bertransformasi menjadi orang berotot kawat bertulang besi. Hehe.. canda deh. Iya, aku nanti bakal ceritain gimana aku bisa berubah dari gemuk menjadi kurus dalam kurun waktu setahun di tulisan lainnya. Udah dulu ya cerita tentang lulus cpns nya.

Sekian.

0 Response to "Pengalaman lulus tes CPNS 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel